Sunday , October 25 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Huawei Jadi Raja Ponsel Dunia

Huawei Jadi Raja Ponsel Dunia

foto : Caixin Global

Huawei Jadi Raja Ponsel Dunia

lebakcyber.net – Huawei jadi raja ponsel dunia. Dimasa Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini ternyata juga berpengaruh kepada penurunan penjualan ponsel Samsung di seluruh negara, terutama pada kuartal kedua di tahun 2020 ini.

Berdasarkan laporan yang didapat dari Counterpoint, penjualan ponsel Samsung mengalami penurunan sebesar 30 persen pada kuartal tersebut. Sementara Huawei yang merupakan vendor ponsel asal China hanya mengalami sedikit penurunan. Dan untuk pertama kalinya Huawei juga diprediksi akan merajai pasar ponsel dunia.

Sebelumnya juga firma riset pasar Counterpoint mencatat kalau pengiriman ponsel Huawei sudah melewati Samsung pada bulan April dan Mei di tahun 2020 ini. Dan sekarang sepertinya Huawei akan menjadi raja pada sepanjang kuartal 2 tahun 2020 ini.

Advertisements

Pada bulan April, pihak Counterpoint juga mencatat kalau pengiriman ponsel dunia hanya sebesar 69,7 juta, dimana sebanyak 21,4 persennya merupakan ponsel Huawei. Sedangkan untuk ponsel-ponsel Samsung hanya memiliki pasar sebesar 19,1 persen saja.

Sedangkan pada bulan Mei 2020 dimana total pengiriman dari ponsel di seluruh negara adalah sebesar 81,97 juta, dan Huawei memiliki pangsa pasar sebesar 19,7 persen. Sedangkan untuk pangsa pasar Samsung pada bulan yang sama hanya sebesar 19,6 persen.

Advertisements

Dilihat dari tren di bulan pertama kuartal berjalan diatas, Huawei juga diprediksi akan mampu untuk menyalip Samsung sebagai vendor ponsel terbesar didunia pada kuartal kedua di tahun 2020 ini.

Sebagai informasi tambahan bahwa pada tahun 2016 perusahaan Huawei sempat berkata bahwa mereka akan menyalip Apple dan juga Samsung dan menjadi pabrikan smartphone paling besar di dunia. Dan akhirnya Huawei juga berhasil menyalip Apple pada tahun 2018 untuk pertama kalinya.

Dikutip dari halaman Gizmochina, Jumat (10/07/2020), penurunan atas penjualan smartphone Samsung merupakan imbas dari aturan Lockdown yang diterapkan pada beberapa wilayah yang menjadi pasar utama penjualan seperti Eropa, Amerika Utara dan juga India.

Selain itu juga permintaan dari smartphone flagship Samsung Galaxy S20 series pada tahun ini lebih rendah jika dibandingkan dengan flagship Samsung pada tahun sebelumnya. Pihak Counterpoint juga tidak mengatakan berapa jumlah penjualn ponsel yang didapatkan oleh pihak Samsung, tapi hanya menyediakan data kalau penjualannya turun sebesar 30 persen.

Namun ditengah Pandemi Covid-19 ini malah membuat Huawei dapat mendongkrak penjualan smartphonenya di China karena permintaan pasar yang meningkat.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Hacker Klaim Dapat Tembus Chip Keamanan Apple

Hacker Klaim Dapat Tembus Chip Keamanan Apple

Hacker Klaim Dapat Tembus Chip Keamanan Apple lebakcyber.net – Hacker klaim dapat tembus chip keamanan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *