Monday , June 17 2024

Hati-Hati Kalau Mendapat Pesan WhatsApp Ini

Hati-Hati Kalau Mendapat Pesan WhatsApp Ini

Hati-Hati Kalau Mendapat Pesan WhatsApp Ini

lebakcyber.net – Hati-Hati Kalau Mendapat Pesan WhatsApp Ini. Kejahatan di dunia internet ini memiliki modus baru yang bisa mengelabui korbannya. Salah satunya dengan cara mengirimkan pesan ke pada calon korbannya dengan mengaku berasal dari pihak WhatsApp.

Modus penipuan tersebut dilakukan dengan cara mengirimkan pesan yang mengatasnamakan WhatsApp yang diinfokan oleh Bareskrim Mabes Polri khususnya Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber).

Melalui akun media sosialnya @ccicpolri dikatakan kalau hal tersebut merupakan sebuah modus baru dalam hal pembajakan WhatsApp.

Dikutip dari Siber Polri, Senin (13/06/2022) menjelaskan bahwa para penipu tidak pernah kehabisan akal untuk menjerat para korbannya, termasuk melalui pesan penipuan yang dikirimkan melalui SMS. Dan salah satu bentuk penipuan SMS tersebut mengatasnamakan WhatsApp.

Pihak Bareskrim sendiri mengatakan kalau pesan tersebut bukan berasal dari WhatsApp, tapi hanya mengaku kalau berasan dari aplikasi berbagi pesan yang sangat populer tersebut.

Pesan tersebut juga menyiratkan seperti pengguna memenangkan sebuah hadiah dan mereka akan mendapatkan hadiah berupa uang ratusan juta rupiah. SMS tersebut juga berisi cara untuk mengklaim hadiah tersebut dengan cara mengklik link yang ada didalam pesan SMS tersebut.

Berdasarkan informasi dari pihak kepolisian, diperkirakan link yang ada dalam pesan tersebut adalah sebuah phising. Dan itu merupakan sebuah metode untuk melakukan penipuan yang bertujuan untuk menipu para korbannya.

Kepolisian RI juga mengingatkan bagi para pengguna WhatsApp yang mendapat pesan tersebut untuk tidak menekan link yang ada didalam pesan tersebut. Pihak kepolisian juga menegaskan kalau SMS bukan berasal dari pihak resmi WhatsApp.

Polri juga menjelaskan sebagai salah satu tindakan pencegahan kalau pengguna mendapatkan pesan tersebut sebaiknya jangan mengklik link yang ada didalamnya. Apalagi kalau pesan tersebut tidak dikirimkan secara langsung oleh pihak WhatsApp, jadi tidak menutup kemungkinan adanya jebakan kepada konsumen seperti kasus phising yang sering terjadi.

Jadi sekali lagi, jika kalian menerima pesan yang mengatasnamakan WhatsApp agar jangan pernah sekalipun mengklik link atau tautan yang ada didalamnya agar terhindar dari penipuan.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *