Friday , October 23 2020
Home » The Lounge » News » Hacker Klaim Dapat Tembus Chip Keamanan Apple

Hacker Klaim Dapat Tembus Chip Keamanan Apple

foto : Tom's Guide

Hacker Klaim Dapat Tembus Chip Keamanan Apple

lebakcyber.net – Hacker klaim dapat tembus chip keamanan Apple. Apple T2 merupakan sebuah chip keamanan yang dibanggakan oleh Apple dan juga dapat menjadi penjaga untuk perangkat Mac. Tapi chip tersebut ternyata dapat dibobol oleh hacker.

Setidaknya hal tersebut diklaim oleh beberapa peneliti keamanan melalui postingannya di Reddit dan juga Twitter. Beberapa peneliti tersebut mengaku kalau mereka dapat membobol T2 dengan melakukan kombinasi dua exploit yang digunakan untuk melakukan jailbreak pada iPhone.

Terkait teknik mengenai eksploitasi tersebut memang sangat rumit, tapi kombinasi kedua teknik eksploitasi tersebut sudah diuji serta dikonfirmasi pada beberapa ahli jailbreaking serta keamanan Apple.

Advertisements

Kalau eksploitasinya sukses, teknik jailbreaking tersebut bisa membuat si hacker mengambil alih kontrol pada perangkat dan juga dapat memodifikasi sistem inti pada sistem operasi. Atau dapat juga digunakan untuk melakukan pencurian data terenkripsi bahkan sampai menyusupkan sebuah malware.

Teknik Jailbreak yang digunakan adalah Checkm8 serta Blackbird. Kedua teknik tersebut dapat digunakan karena adanya kesamaan pada hardware dan juga software antara Apple T2 dengan komponen yang ada pada perangkat iPhone.

Advertisements

Cara kerjanya adalah dengan mengkoneksikan software Checkra1n untuk jailbreak versi 0.11.1 melalui port USB-C yang ada pada perangkat Mac pada saat proses booting.

Sebagai informasi tambahan bahwa T2 adalah prosesor tambahan atau bisa disebut juga sebagai co-processor yang digunakan untuk menemani CPU yang dibuat oleh Intel pada perangkat Mac seperti iMac, MacBook Pro, MacBook Air dan lainnya.

Dikutip dari halaman ZDNet, Kamis (08/10/2020), T2 sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017 lalu serta mulai digunakan pada semua perangkat yang dijual sejak tahun 2018.

Fungsi dari chip T2 itu sendiri sama seperti namanya yang dapat membantu kerja dari CPU utama dengan cara mengambil alih beberapa pekerjaan seperti pemrosesan video, audio serta dapat dijuga digunakan sebagai keamanan.

Dapat digunakan sebagai salah satu pengamanan karena chip T2 dapat berfungsi sebagai Secure Enclave Processor (SEP) yang melakukan pemrosesan semua data sensitif seperti otentikasi TouchID, Password, ekripsi data di media penyimpanan dan lain sebagainya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Apple Akan Perkenalkan iPhone 12 Mini

Apple Akan Perkenalkan iPhone 12 Mini

Apple Akan Perkenalkan iPhone 12 Mini lebakcyber.net – Apple akan perkenalkan iPhone 12 Mini. Rencananya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *