Saturday , October 19 2019
Home / Android / Google Siapkan Fitur Transfer File Baru

Google Siapkan Fitur Transfer File Baru

foto : selular.id

Google Siapkan Fitur Transfer File Baru

lebakcyber.net – Google siapkan fitur transfer file baru. Kalau membahas mengenai fitur transfer file, bisa dikatakan kalau perangkat Apple masih menjadi juara karena memiliki fitur yang bernama AirDrop yang mana dapat sangat memudahkan penggunanya dalam berbagi file.

Namun sepertinya Google secara perlahan mulai akan menyaingi fitur tersebut dengan Android Beam, Sayangnya fitur tersebut tidak maksimal karena tidak semua perangkat Android sudah memiliki NFC dan proses pengiriman juga kalah cepat dengan aplikasi pihak ketiga, SHAREit.

Karena hal tersebut Google dipastikan akan mematikan fitur Android Beam pada sistem operasi Android 10 dan menggantinya dengan sesuatu yang baru yaitu sebuah fitur bernama Fast Share. Fitur tersebut tampaknya akan menggunakan Bluetooth untuk menghubungkan perangkat yang satu dengan lainnya, kalau sudah terhubung nantinya fitur ini akan menggunakan Wi-Fi Direct untuk melakukan transfer file.

Advertisements

Cara tersebut tentu saja akan jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan Bluetooth ataupun dengan menggunakan fitur Android Beam. Kabarnya pengguna bisa melakukan transfer file besar bahkan sampai ukuran gigabyte dengan mengguakan fitur Fast Share ini.

Aplikasi Files by Google juga memiliki alat berbagi file yang sama, namun pengirim dan penerima file harus menginstall aplikasi Files by Google terlebih dahulu untuk dapat melakukan proses berbagi file.

Sebagai informasi tambahan, Fast Share merupakan bagian dari layanan Google Play Services. Layanan Google Play sendiri sudah terinstall hampir di semua perangkat Android yang bersertifikat, artinya ada lebih dari 2,5 miliar perangkat aktif yang dapat menggunakan fitur ini.

Advertisements

Namun ada kemungkinan kalau fitur Fast Share ini hanya akan tersedia pada sistem operasi Android terbaru dan sampai saat ini belum ada rincian mengenai hal tersebut.

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai kapan fitur Fast Share ini akan tersedia di Android 10, namun banyak yang memprediksi kalau fitur Fast Share ini akan memulai debutnya pada sistem operasi Android 11 yang akan dirilis tahun depan. Jadi kita nantikan saja solusi dari Google mengenai proses transfer file agar lebih cepat beberapa waktu kedepan.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *