Monday , March 25 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Google Minta Pengguna Berhenti Gunakan Windows 7

Google Minta Pengguna Berhenti Gunakan Windows 7

foto : lifehacker

Google Minta Pengguna Berhenti Gunakan Windows 7

lebakcyber.net – Selain Microsoft selaku pengembang dari Windows 7, ternyata Google juga sudah membuat peringatan agar para pengguna Windows 7 segera beralih ke sistem operasi yang lebih baru. Dalam hal ini sistem operasi yang dimaksud adalah Windows 10.

Alasannya adalah seperti yang diungkapkan oleh Threat Analysis Group, Clement Lecigne, Google sudah menemukan adanya dua celah keamanan di Windows 7, celah keamanan pertama ada di Google Chrome dan satunya lagi ada di Windows 7 itu sendiri.

Dikutip dari halaman Softpedia, Google mengatakan kalau bug keamanan yang ada di Chrome sebenarnya sudah diatasi dengan merilis patch bersama dengan update Chrome versi terbaru beberapa waktu yang lalu. Namun celah keamanan di Windows 7 belum bisa diatasi.

Pihak Microsoft sendiri mengatakan kalau celah keamanan tersebut berada di driver kernel Windows win32k.sys. Sementara celah keamanan tersebut tidak ada pada sistem operasi Windows 10 karena sistem operasi tersebut sudah dilengkapi dengan mitigasi tambahan yang mampu memblokir aksi penyerangan dari bug seperti itu.

TIm peneliti keamanan Google sendiri sudah melaporkan celah keamanan tersebut ke Microsoft. Perusahaan yang berasal di Redmond, Amerika Serikat tersebut juga mengatakan sedang mencari solusi dari permasalahan tersebut.

Karena itu, satu-satunya cara mencegah menjadi korban dari celah keamanan tersebut adalah dengan beralih ke sistem operasi terbaru seperti Windows 10. Disisi lain, kalau patch untuk bug tersebut sudah tersedia, pengguna harus segera memasangnya.

Tim peneliti Google dalam catatannya kepada perusahaan mengatakan kalau itu merupakan celah keamanan yang serius di sistem operasi Windows dan mereka tahu sedang dieksploitasi secara aktif dalam serangan target.

Sebagai informasi tambahan, Windows 7 sendiri merupakan sistem operasi lawas yang dikembangkan oleh Microsoft dan pertama kali diluncurkan pada tahun 2009 lalu dan tahun depan rencananya Microsoft sudah menghentikan dukungan untuk sistem operasi tersebut.

Walaupun Microsoft sudah merilis Windows 10, namun tidak dapat dipungkiri kalau pengguna sistem operasi lawas masih banyak. Salah satu sistem operasi yang dikenal masih banyak memiliki pengguna setia adalah sistem operasi Windows 7.

Melihat kondisi tersebut, pihak Microsoft kembali mengingatkan pengguna Windows 7 bahwa sistem operasi tersebut sudah terlalu lama. Microsoft mengatakan pengguna yang menggunakan sistem operasi tersebut rentan terkena serangan. Dan itulah salah satu alasan mengapa Google minta pengguna berhenti gunakan Windows 7.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *