Saturday , November 17 2018
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Google Maps Adopsi Beberapa Fitur Waze

Google Maps Adopsi Beberapa Fitur Waze

foto : Google

Google Maps Adopsi Beberapa Fitur Waze

lebakcyber.netGoogle dikabarkan sedang mengembangkan beberapa fitur untuk Google Maps miliknya. Google Maps adopsi beberapa fitur Waze seperti laporan mengenai terjadinya kecelakaan di jalan raya seperti yang ada di aplikasi Waze.

Seperti yang diketahui oleh beberapa pengguna yang secara tidak sengaja menemukan fitur tersebut di Google Maps versi Android miliknya. Melalui fitur ini, para pengguna Google Maps bisa melaporkan kecelakaan melalui sebuah menu yang ada di bagian bawah.

Selain laporan mengenai kecelakaan, beberapa pengguna juga bisa menemukan fitur lain untuk melaporkan adanya speed trap atau jebakan kecepatan.

Speed trap sendiri biasanya digunakan oleh Polisi untuk memantau kecepatan kendaraan yang melaju di jalan. Kalau melampaui batas, maka Polisi akan turun tangan dan menilangnya.

Dirangkum dari halaman Android Police, dua fitur laporan tersebut masih dalam tahap uji coba dengan melibatkan beberapa pengguna Google Maps saja. Google sendiri juga belum memberikan keterangan secara resmi mengenai dua fitur tersebut kepada publik.

Fitur fitur tersebut sebelumnya sudah lebih dulu dimiliki oleh aplikasi Waze. Waze sendiri adalah sebuah aplikasi peta digital yang juga mengandalkan database dari Google Maps sebagai peta utamanya namun sudah dilengkapi dengan beberapa fitur lain.

Waze sendiri menjadi salah satu aplikasi favorit di Indonesia karena bisa memberikan informasi yang beragam jika dibandingkan dengan Google Maps. Waze dapat menampilkan informasi mengenai titik kecelakaan, jalan alternatif, razia kepolisian di jalan raya dan juga penutupan jalan.

Waze sendiri sudah diakuisis oleh Google sejak tahun 2013 lalu. Karena menggunakan konsep crowdsourcing, detail rite Waze jadi lebih real-time jika dibandingkan dengan aplikasi Google Maps.

Sehingga dengan menggunakan informasi yang diberikan oleh sesama pengguna Waze, kondisi lalu lintas yang ditampilkan oleh Waze menjadi lebih relevan.

Akurasi Google Maps dan Waze sendiri sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan. Waze bisa dikatakan lebih unggul dalam hal pelaporan kondisi lalu lintas, tapi sepertinya sebentar lagi kemampuan tersebut juga akan hadi di Google Maps.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *