Friday , August 23 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Google Hapus Fitur View Images

Google Hapus Fitur View Images

foto : express.co.uk

Google Hapus Fitur View Images

lebakcyber.net – Melalui akun Twitter yang dimilikinya, pihak Google memberikan informasi bahwa telah menghapus salah satu tombol fitur yang ada di halaman pencariannya. Google hapus fitur view images pada saat pengguna mencari dan melihat gambar di Google.

Melalui akun Twitternya Google mentwit informasi tersebut, pihak Google mengatakan bahwa mereka telah melakukan beberapa perubahan pada Google Images agar membantu menghubungkan pengguna Google dengan situs yang bermanfaat. Dan salah satunya adalah menghapus tombol view images. Namun walaupun tombol view images dihapus, tombol untuk mengunjungi halaman tetap ada sehingga pengguna bisa melihat gambar dalam konteks halaman web tempat dimana gambar tersebut berada.

Google Hapus Fitur View Images
foto : twitter

Walaupun fitur images memudahkan para pengguna yang mencari gambar di Google untuk melihat gambar secara keseluruhan yang selanjutnya bisa langsung disimpan tanpa harus mengunjungi situs dimana gambar tersebut berada.

Dikutip dari halaman The Verge, keputusan menghapus tombol view images tersebut dilakukan sebagai upaya untuk melindungi hak cipta fotografer dan juga respon terhadap kecaman dari para fotografer sampai pembuat situs penyedia foto seperti Getty Images.

Pihak Google memang sempat beberapa kali mendapatkan kecaman karena gambar-gambar yang ditampilkan oleh Google dianggap sudah melanggar hak cipta karena para pengguna bisa mengambil gambar yang ada di Google dengan sangat mudah.

Jadi nantinya pengguna masih tetap bisa melihat kumpulan gambar yang sedang dicari, namun saat pengguna ingin mengklik gambar tersebut pengguna tidak bisa secara langsung menyimpannya, karena pihak Google sudah memutuskan untuk mengarahkan ke situs dimana gambar tersebut berada.

Walapun sepertinya hal tersebut bisa menyulitkan para pengguna Google yang sedang mencari gambar tertentu untuk disimpan, karena memang ada beberapa website yang melarang gambarnya diambil atau digunakan secara sembarangan oleh orang lain.

Dengan dihapusnya tombol view images bisa menjadi sebuah keuntungan bagi para pemilik hak cipta foto karena pengguna akan banyak mengklik halaman situs dan berpotensi untuk meningkatkan traffic ke situs tersebut.

Tapi walaupun tombol view images sudah dihapus, pengguna yang tidak ingin mengunjungi situs tersebut tetap masih bisa mengakalinya dengan cara klik kanan pada gambar dan memilih opsi Simpan Gambar.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *