Sunday , September 27 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Google Hapus Aplikasi Anti-China

Google Hapus Aplikasi Anti-China

foto : Android Authority

Google Hapus Aplikasi Anti-China

lebakcyber.net – Google hapus aplikasi anti-China. Google akhirnya memutuskan untuk menghapus aplikasi anti-China bernama Remove China Apps yang dibuat oleh pengembang yang berasal dari India.

Aplikasi tersebut memiliki fitur yang dapat menemukan dan juga menghapus aplikasi yang dibuat oleh perusahaan yang berasal dari China pada smartphone penggunanya.

Dilansir dari halaman indiatimes.com melaporkan bahwa pengembang dari aplikasi Remove China Apps tersebut memiliki kantor di Jaipur, India.

Advertisements

Juru bicara dari Google sendiri memberikan konfirmasi mengenai penghapusan aplikasi tersebut kepada Reuters karena aplikasi tersebut sudah dianggap melanggar kebijakan dari Google, namun juru bicara Google tersebut menolak untuk berbicara lebih jauh.

Aplikasi Remove China Apps tersebut sendiri sebelumnya sudah di download lebih dari 5 juta kali pada akhir bulan Mei 2020 lalu.

Advertisements

Aplikasi tersebut didaftarkan ke Google Play Store agar dapat digunakan oleh pengguna smartphone Android dengan klaim bertujuan untuk pendidikan. Saat digunakan, aplikasi tersebut akan memindai perangkat untuk mencari apakah ada aplikasi buatan China seperti UC Browser atau TikTok yang terinstall pada smartphone tersebut.

Selanjutnya, aplikasi Remove China Apps tersebut akan memberikan saran kepada para penggunanya agar menghapusnya. Setelah si pengguna setuju untuk menghapusnya, apliksi tersebut akan memunculkan sebuah pesan yang bertuliskan Anda luar biasa, tidak ditemukan lagi aplikasi China.

Google Play Store sendiri diketahui memiliki sebuah kebijakan bernama Deceptive Behaviour Policy yang mana melarang aplikasi agar menyesatkan pengguna dengan memberikan saran menonaktifkan atau menghapus aplikasi dari pihak lain.

Penghapusan aplikasi tersebut terjadi di tengah semakin meningkatnya ketegangan antara India dengan China akibat masalah perbatasan di dataran tinggi Ladakh yang merupakan salah satu kawasan di pegunungan Himalaya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *