Tuesday , February 19 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Google Diprotes Karena Hapus Fitur View Image

Google Diprotes Karena Hapus Fitur View Image

foto : authormedia.com

Google Diprotes Karena Hapus Fitur View Image

lebakcyber.net – Seperti yang sudah dikabarkan sebelumnya bahwa pihak Google sudah menghapus fitur View Image pada pencarian gambar, dan karena hal tersebut Google diprotes karena hapus fitur View Image dari para penggunanya. Pengguna Google menganggap Google mempersulit proses pencarian suatu gambar.

Sebagian pengguna Google mengatakan tidak setuju dengan keputusan Google menghapus fitur View Image dan mereka merasa bahwa hal tersebut membuat Google menjadi tidak ramah pengguna dan menurunkan kualitasnya.

Para pengguna Google menyarankan agar Google mencontoh Bing, mesin pencari buatan Microsoft tersebut masih tetap mempertahankan fitur View Image pada hasil pencarian gambarnya.

Namun disisi lain keputusan Google untuk menghapus fitur View Image tersebut mendapat dukungan dari beberapa pihak, contohnya saja Getty Images. Pihak Getty Images mengatakan bahwa mereka sangat senang karena setelah berdiskusi dengan Google selama beberapa bulan akhirnya suara mereka didengar, dan pihak Google menghapus fitur View Image pada saat pengguna mencari gambar.

Fitur View Image sendiri memang memudahkan para pengguna Google untuk mencari suatu gambar tertentu agar dapat melihat gambar secara keseluruhan untuk selanjutnya bisa langsung disimpan tanpa harus mengunjungi situs dimana gambar tersebut berada.

Alasan Google sendiri terkait penghapusan fitur View Image tersebut adalah sebagai upaya untuk perlindungan hak cipta para fotografer dan juga respon terhadap kecaman yang diterima oleh Google dari para fotografer dan juga perusahaan penyedia foto seperti Getty Images.

Dikutip dari halaman BBC, pihak Google mendapatkan banyak kecaman karena gambar-gambar yang ditampilkan pada hasil pencarian gambar menggunakan mesin pencari Google dianggap sudah melanggar hak cipta karena pengguna layanan Google tersebut bisa mendapatkan dan mengambil gambar dengan mudah.

Bahkan perusahaan penyedia foto Getty Images sampai mengajukan keluhannya secara langsung kepada komisi Eropa. Hal tersebut sebenarnya wajar saja Getty Images merupakan sebuah perusahaan yang memberikan pelayanan kumpulan foto yang menjual hasil karya para fotografer dan juga ilustrator kepada perusahaan, media dan juga koran.

Dengan adanya fitur View Image, metode pencarian gambar di Google memang menjadi lebih mudah. Dan para pengguna Google bisa langsung melihat gambar secara keseluruhan dan menyimpannya tanpa harus mengunjungi situs dimana gambar tersebut berada tanpa permisi.

Karena adanya pro dan kontra terkait penghapusan fitur View Image oleh Google tersebut, apakah Google akan tetap mempertahankan keputusannya menghapus fitur View Image atau akan menghadirkan kembali fitur tersebut. Kita nantikan saja informasi selanjutnya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *