Monday , October 14 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Google Buat Aplikasi Penguji Password

Google Buat Aplikasi Penguji Password

foto : wired

Google Buat Aplikasi Penguji Password

lebakcyber.netGoogle buat aplikasi penguji Password dalam bentuk sebuah ekstensi browser Chrome, yang berfungsi untuk melakukan pengecekan silang password penggunanya dengan database password yang pernah menjadi korban peretasan. Dan begini cara kerjanya.

Nama ekstensi tersebut adalah Password Checkup dan dapat didownload melalui browser Chrome. Ekstensi Password Checkup itu akan memberikan peringatan kepada penggunanya saat username atau passwordnya sudah tidak aman lagi.

Definisi tidak aman disini adalah saat username atau password tersebut muncul dalam 4 miliar data yang dikumpulkan oleh Google. Database tersebut berasal dari beberapa peretasan yang sebelumnya pernah terjadi, yaitu saat si hacker merilis hasil aksinya ke internet.

Advertisements

Dikutip dari halaman Engadget, saat ekstensi Password Checkup tersebut menemukan username atau password yang sama dengan databasenya, ekstensi tersebut akan memberikan notifikasi kepada pengguna untuk memperbarui passwordnya tersebut.

Pihak Google juga mengatakan tidak akan pernah mengungkap informasi para penggunanya dalam proses pengecekan ini. Yang artinya semua proses pengecekan akan dilakukan secara anonim.

Namun ada kalanya ekstensi Password Checkup tersebut akan melakukan pengecekan kepada password penggunanya. Hal terserbut terjadi kalau penggunanya menggunakan password yang sangat tidak aman, seperti misalnya ‘12345678’ dan sejenisnya.

Advertisements

Saat pengguna masih menggunakan password yang lemah seperti contoh diatas, sepertinya mereka memang tidak terlalu peduli dengan keamanan datanya di dunia maya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Google Minta Pengguna Berhenti Gunakan Windows 7

Google Minta Pengguna Berhenti Gunakan Windows 7

Google Minta Pengguna Berhenti Gunakan Windows 7 lebakcyber.net – Selain Microsoft selaku pengembang dari Windows …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *