Friday , August 23 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Google Assistant Kini Bisa Bahasa Indonesia

Google Assistant Kini Bisa Bahasa Indonesia

Foto : kompas.com

Google Assistant Kini Bisa Bahasa Indonesia

lebakcyber.net – Aplikasi Google Assistant kini bisa bahasa indonesia. Para pengguna Android bisa mencobanya langsung saat memakai aplikasi Google Assistant ataupun saat menggunakan layanan chatting Allo.

Ken Tokusei selaku Product Management Director Google Search dalam acara Google for Indonesia mengatakan “Saya dengan bangga mengumumkan bahwa sekarang Google Assistent bisa bahasa Indonesia. Google Assistant ini memiliki machine learning, yakni mesin yang bisa belajar dan terus belajar sehingga kinerjanya lebih baik,”.

Kemampuan berbahasa Indonesia ini tidak cuma bisa digunakan oleh Google Assistant saja, tapi juga pengguna yang menggunakan aplikasi chatting Allo juga bisa mendapatkan fitur yang sama dengan Google Assistant.

Contohnya, pemahaman mesin Google mengenai bahasa Indonesia itu bisa dilihat dari rekomendasi stiker yang muncul saat pengguna mengetikan obrolan di Allo. Biasanya rekomendasi yang sesuai hanya muncul jika pengguna mengetik menggunakan bahasa Inggris. Namun dengan adanya update tersebut, pengguna bisa mendapatkan rekomendasi yang sesuai meski bicara dengan bahasa Indonesia.

Contoh lainnya adalah saat user menggunakan Google Assistant untuk mencari informasi tertentu di kolom obrolan. Kini pengguna tidak perlu lagi menggunakan bahasa inggris, cukup mengetikan dalam bahasa Indonesia dan informasi yang diinginkan akan ditampilkan.

Contohnya “@google: cari toko buku di dekat sini,” maka jawaban dari pertanyaan tersebut akan ditampilkan secara akurat di kolom obrolan Allo.

Adam Rodriguez selaku Product manager Google Allo juga menambahkan “Google Assistant yang ada di Allo sekarang bisa bisa bahasa Indonesia. Setiap kata-kata bahasa Indonesia yang muncul akan dikenal, dan sebagai contohnya, Allo akan menyarankan stiker yang sesuai konteks percakapan,”.

 

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *