Saturday , August 24 2019
Home / Uncategorized / Google Akan Sebarkan Internet Gratis Di Indonesia

Google Akan Sebarkan Internet Gratis Di Indonesia

Foto : kompas.com

Google Akan Sebarkan Internet Gratis Di Indonesia

lebakcyber.net – Kabar mengenai perusahaan raksasa Google akan sebarkan internet gratis di Indonesia semakin ramai. Google Station yang merupakan hot-spot Wifi dengan internet yang memiliki kecepatan tinggi akan dihadirkan secara gratis untuk masyarakat Indonesia dan Google berjanji akan memulai proses pemasangan.

Layanan Google Station pertama kali dirilis di India pada tahun 2016 dimana stasiun Mumbai Central sebagai lokasi pertama penempatan Google Station tersebut dan sudah lebih dari 200 stasiun kereta yang sudah mendapatkan layanan Google Station.

Putri Silalahi selaku Head of Communications Google Indonesia pada acara Google for Indonesia di Ciputra Artpreneur yang diselenggarakan pada hari Kamis (24/08/2017) mengatakan “India itu kondisi internetnya kurang lebih sama seperti di Indonesia. Ada internet, tapi tidak stabil. Tapi, dampaknya adalah ada sekitar 15.000 orang yang baru mengenal internet karena kedatangan Google Station. Nah, inilah yang kami percaya bisa terjadi di Indonesia,” .

Lebih lanjut Putri mengatakan bahwa hadirnya Google Station dapat membantu masyarakat Indonesia untuk berselancar didunia internet dengan lebih mudah dan tidak terkendala dengan masalah biaya. Dalam penerapannya nanti, Google yang bermarkas di Mountain View, Amerika Serikat ini akan bekerja sama dengan CBN dan Fiber Star sebagai penyedia infrastruktur fiber di Indonesia.

Google sendiri akan mengelola kualitas koneksi WiFi tersebut dengan menggunakan software buatannya. Sedangkan CBN dan Fiber Star  berperan untuk menyediakan kabel dan akses internet yang akan disebarkan sebagai WiFi.

Putri juga mengatakan bahwa alasan mengapa pihak google bekerja sama menggandeng CBN dan Fiber Star adalah karena kedua perusahaan tersebut sudah menjadi langganan mereka. Rencananya layanan Google Station ini baru akan hadir untuk wilayah Jawa dan Bali, disusul dengan daerah daerah lainnya di Indonesia.

Pertama Google Station akan ada di Jakarta, lalu Denpasar, Surabaya, Bandung dan kota-kota lainnya. Google Station akan mulai digarap tahun ini, jadi nanti dengan adanya Google Station ini diharapkan ada jutaan orang yang bisa mengakses WiFi publik tersebut secara gratis.

 

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *