Sunday , September 15 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / GBoard Sekarang Bisa Ketikan Kode Morse

GBoard Sekarang Bisa Ketikan Kode Morse

foto : internet

GBoard Sekarang Bisa Ketikan Kode Morse

lebakcyber.net – GBoard sekarang bisa ketikan kode morse, fitur tersebut diperkenalkan pada acara I/O beberapa waktu yang lalu, pihak Google mengumumkan akan menambah dukungan kode morse pada keyboard GBoard. Setelah bulan Mei lalu fitur tersebut dirilis di ponsel Android, sekarang pengguna iPhone juga bisa menggunakan fitur tersebut.

Kode morse yang ada pada GBoard bukan hanya sebagai fitur tambahan ataupun upgrade minor. Kode morse tersebut juga sejatinya bukan hanya digunakan sebagai alat komunikasi untuk militer tapi juga bisa dimanfaatkan untuk mempermudah para penyandang disabilitas dalam berkomunikasi.

Kesempatan tersebut lah yang dilihat oleh perusahaan teknologi raksasa Google. Raksasa mesin pencari tersebut mencari cara agar mempermudah para difabel untuk berkomunikasi melalui bantuan teknologi, salah satunya adalah dengan menggunakan kode morse yang ditambahkan pada fitur GBoard.

Dikutip dari halaman Forbes, dukungan tersebut dapat ditambahkan berkat kerjasama antara Google dengan Tania Finalayson yang merupakan seorang ahli teknologi yang juga penyandang disabilitas.

Didalam postingan blog pribadinya, menurut Tania, kode morse ini digunakan sebagai perantara untuk menerjemahkan gerakan kepala para penyandang disabilitas menjadi suara layaknya orang pada umumnya.

Tania juga mengungkapkan kalau gerakan kepala para pengguna akan diubah menjadi kode morse yang berupa titik dan juga garis. Selanjutnya Google akan menerjemahkan kode tersebut menjadi sebuah huruf dan selanjutnya lewat Google, huruf tersebut dapat diubah menjadi suara.

Tania menambahkan bahwa keyboard kode morse pada GBoard memungkinkan menggunakan kode morse untuk dapat memasukan teks, bukan hanya keyboard reguler.

Kode morse ini nantinya akan terintegrasi dengan perangkat yang menyerupai kursi roda. Perangkat ini memungkinkan para penyandang disabilitas meletakan ponsel mereka. Sehingga GBoard dapat mudah dinikmati di kursi roda tersebut.

Tata letak keyboard morse ini juga sudah dirancang sedemikian rupa yang merupakan saran dari Tania. Dengan begitu, melalui keyboard Morse ini para penyandang disabilitas dapat saling berkomunikasi dengan orang lain seperti pada umumnya.

Dengan terealisasinya teknologi tersebut, tentu saja dapat mempermudah para penyandang disabilitas untuk dapat saling melakukan komunikasi dengan orang lain.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Produk Baru Google di Tahun 2019

Produk Baru Google di Tahun 2019

Produk Baru Google di Tahun 2019 lebakcyber.net – Google dikabarkan sedang berusaha mendorong ekosistem miliknya, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *