Saturday , November 18 2017
Home / Excel / Fungsi Sum, Average, Max, Min dan Count Di Microsoft Excel 2016

Fungsi Sum, Average, Max, Min dan Count Di Microsoft Excel 2016

Fungsi Sum, Average, Max, Min dan Count Di Microsoft Excel 2016

Lebakcyber.net – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Fungsi Sum, Average, Max, Min dan Count di Microsoft Excel 2016. Kelima fungsi tersebut merupakan sebuah fungsi yang ada di Microsoft Excel yang paling sering digunakan. Walaupun sangat sederhana namun penggunaan fungsi fungsi tersebut sangat berguna dalam mengolah data. Misalnya jika kamu ingin mencari total nilai, nilai tertinggi, nilai terendah atau nilai rata rata dari suatu range di Microsoft Excel.

Pada tutorial sebelumnya juga kita sudah pernah membahas mengenai :

Fungsi Sum Di Microsoft Excel

Fungsi Sum digunakan untuk menjumlahkan isi data yang ada pada range tertentu. Bentuk penulisan untuk Fungsi Sum di Microsoft excel adalah =SUM(cell awal : cell akhir). Contohnya kita memiliki tabel nilai siswa seperti dibawah ini, dan kita ingin mengetahui berapa total nilai yang dimiliki dari semua siswa tersebut, maka penulisan rumusnya adalah =SUM(C2:C6) seperti pada gambar berikut :

Fungsi Sum, Average, Max, Min dan Count Di Microsoft Excel

Fungsi Average Di Microsoft Excel

Fungsi Average di Microsoft Excel digunakan untuk mencari nilai rata rata dari suatu range tertentu. Bentuk penulisan fungsi Average di Microsoft Excel adalah =Average(cell awal : cell akhir). Masih menggunakan tabel siswa seperti pada contoh fungsi sum diatas, kita akan mencari nilai rata rata dari semua nilai siswa yang ada, maka rumusnya adalah =Average(C2:C6). Contohnya seperti Pada gambar dibawah ini :

Fungsi Sum, Average, Max, Min dan Count Di Microsoft Excel

Fungsi Max Di Microsoft Excel

Fungsi Max di Microsoft Excel digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari range tertentu. Bentuk penulisannya adalah =Max(cell awal : cell akhir). Masih menggunakan tabel yang sama, kita akan mencoba mencari nilai tertinggi dari range nilai, maka rumusnya adalah =MAX(C2:C6). Contohnya seperti pada gambar dibawah ini :

Fungsi Sum, Average, Max, Min dan Count Di Microsoft Excel

Fungsi Min Di Microsoft Excel

Fungsi Min di Microsoft Excel digunakan untuk mencari nilai terendah dari range tertentu. Bentuk penulisannya adalah =Min(cell awal : cell akhir). Masih menggunakan tabel yang sama, kita akan mencoba mencari nilai terendah dari range nilai, maka rumusnya adalah =Min(C2:C6). Contohnya seperti pada gambar dibawah ini :

Fungsi Sum, Average, Max, Min dan Count Di Microsoft Excel

Fungsi Count Di Microsoft Excel

Fungsi Count di Microsoft Excel digunakan untuk mencari jumlah total data yang ada pada range tertentu. Bentuk penulisannya adalah =Count(cell awal : cell akhir). Masih menggunakan tabel yang sama, kita akan mencoba mencari jumlah total data dari range nilai, maka rumusnya adalah =Count(C2:C6). Contohnya seperti pada gambar dibawah ini :

Fungsi Sum, Average, Max, Min dan Count Di Microsoft Excel

Seperti itulah bagaimana cara menggunakan Fungsi Sum, Average, Max, Min dan Count di Microsoft Excel 2016. Semoga tutorial sederhana ini dapat membantu kalian yang sedang belajar Microsoft Excel. Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke lebakcyber.net untuk mendapatkan tutorial belajar Microsoft Excel lainnya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net

Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *