Sunday , December 16 2018
Home / Jaringan / Fungsi Software Pada Jaringan Komputer

Fungsi Software Pada Jaringan Komputer

foto : cisco

Fungsi Software Pada Jaringan Komputer

lebakcyber.net – Saat ini jaringan komputer menjadi salah satu bagian yang vital pada kegiatan sehari-hari, karena hampir semua perkantoran bahkan didalam rumah sudah memanfaatkan jaringan komputer. Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari tentang fungsi software pada jaringan komputer yang biasa kamu gunakan.

Beberapa perangkat keras yang biasa digunakan untuk membuat sebuah jaringan komputer diantaranya adalah Hub, Switch, Kabel UTP, Bridge, Router, Server, Client, Modem, Access Point dan juga Gateway.

Selain beberapa perangkat keras diatas, kita juga membutuhkan perangkat lunak untuk membangun sebuah jaringan komputer.

Karena itulah, penggunaan perangkat keras pada jaringan komputer belum bisa berjalan tanpa adanya software (perangkat lunak) agar perangkat keras yang digunakan dapat berjalan dengan baik pada jaringan komputer.

Fungsi dari perangkat lunak pada jaringan komputer dikenal dengan istiliah network operating system yang merupakan suatu sistem operasi yang bisa diinstall ke dalam komputer agar dapat terkoneksi dan bisa menjalankan fungsi dari perangkat keras dari sebuah jaringan komputer, seperti modem, router, firewall atau access point.

Dulu ada sistem operasi khusus yang bertungas untuk membuat sebuah jaringan internet, namun seiring dengan perkembangan jaman, sistem operasi tersebut sudah mulai ditinggalkan karena hampir semua sistem operasi yang ada saat ini seperti Linux, MacOS dan juga Windows sudah mendukung konektivitas jaringan internet.

Sejarah Sofware Jaringan Komputer

Awalnya saat sebuah mikroprosesor mulai diciptakan pertama kali, ada beberapa sistem operasi seperti CP/M, MS-DOS dan juga MacOS. Ketiga sistem operasi tersebut awalnya hanya diciptakan untuk penggunaan jaringan personal saja tanpa memperhitungkan penggunaan secara bersamaan.

Setelah akhirnya teknologi LAN mulai diperkenalkan dan juga dipatenkan, akhirnya pengguna komputer tidak hanya digunakan secara personal, namun juga bisa digunakan secara bersamaan. Dan saat itu sampai dengan saat ini, dikenal dua jenis koneksi antar komputer yang biasanya digunakan, yaitu Perangkat Lunak Peer to Peer Connection dan juga Perangkat Lunak Client to Server Connection.

Perangkat Lunak Peer to Peer Connection

Peer to Peer Connection merupakan jaringan internet yang biasa digunakan untuk membentuk sebuah jaringan komputer tanpa perlu menggunakan komputer induk sebagai servernya. Jenis koneksi internet Peer to Peer ini memungkinkan dua atau lebih komputer dapat saling berhubungan satu sama lain dan memiliki level yang sama dalam hal sharing data.

Software yang biasanya digunakan untuk mendukung koneksi Peer to Peer Connection ini adalah :

  • AppleShare (Digunakan untuk melakukan koneksi peer to peer pada produk Apple)
  • LANtastic (Digunakan untuk melakukan koneksi antara MS-DOS, Windows dan juga OS/2)
  • Workgroups (Merupakan fitur yang dimiliki oleh Microsoft Windows untuk melakukan koneksi peer to peer pada komputer yang menggunakan sistem operasinya).

Perangkat Lunak Client to Server Connection

Jenis koneski jaringan internet yang kedua adalah client to server connection. Dimana pada koneksi jaringan ini membutuhkan adanya komputer induk atau server sebagai penyedia datanya. Dan koneksi Client to Server ini merupakan jenis jaringan yang paling umum digunakan, baik itu di perkantoran, universitas ataupun sekolah.

Berikut ini adalah perangkat lunak yang bisa digunakan untuk mendukung jaringan komputer client to server connection :

  • Nevell NetWare
  • Windows Server
  • Banyan Vines
  • Billing System

Fungsi Perangkat Lunak Pada  Jaringan Komputer

  • Memastikan bahwa perangkat keras jaringan dapat digunakan oleh komputer agar dapat saling berhubungan dengan komputer lain yang ada didalam jaringan yang dibuat.
  • Mempermudah melakukan proses trouble shooting pada perangkat keras jaringan jika terdapat masalah.
  • Dapat digunakan untuk melakukan proses update firmware dan juga software dari perangkat keras tersebut agar dapat memiliki fungsi yang lebih baik lagi.

Jenis Perangkat Lunak Jaringan Komputer.

Dibawah ini adalah beberapa perangkat lunak yang bisa digunakan untuk menjalankan fungsi dari perangkat keras yang digunakan pada jaringan komputer

  • JUNOS untuk menjalankan hardware seperti router dan juga switch yang diproduksi oleh Juniper Networks
  • Dell Networkin Operating System
  • Cisco IOS
  • VRP (Versatile Routing Platform) untuk menjalankan hardware routers yang dibuat oleh Huawei
  • TiMos untuk menjalankan routers yang dibuat oleh Alcatel-Lucent
  • Embedded Linux
  • ZyNOS
  • ExtremeXOS
  • Cumulus Linux

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *