Monday , September 24 2018
Home / Android / Fitur Yang Akan Hadir di Android P

Fitur Yang Akan Hadir di Android P

foto : XDA Developer

Fitur Yang Akan Hadir di Android P

lebakcyber.net – Google sudah mengumumkan generasi terbaru dari sistem operasi Android yang untuk sementara ini masih disebut Android P. Android P sendiri merupakan penerus dari sistem operasi Android O yang sekarang lebih dikenal dengan nama Android Oreo. Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas fitur yang akan hadir di Android P yang merupakan sistem operasi Android penerus Android Oreo.

Sekarang ini Android P masih dalam tahap pengembangan Developer Preview 1. Yang Artinya sistem operasi ini masih dalam versi beta dan baru bisa digunakan oleh beberapa pengguna yang menggunakan perangkat Google Pixel sebelum akhirnya siap untuk dirilis secara luas.

Kemungkinan sistem operasi Android P akan menggunakan nama Pistachio Ice Cream dan akan dirilis secara resmi pada bulan Mei nanti dan kemungkinan akan diperkenalkan pada acara konferensi I/)O 2018 yang akan diselenggarakan oleh Google.

Walaupun fitur-fitur Android P yang ada dibawah ini belum resmi secara umum, namun beberapa kabar dan spekulasi fitur di Android P ini sudah mulai merebak. Dan berikut ini adalah fitur yang mungkin akan hadir di Android P seperti yang dikutip pada halaman Gadgets Now.

Tampilkan Notch Buatan Mirip iPhone X

Fitur Yang Akan Hadir di Android P
foto : XDA Developer

Android P semakin membuat ‘Notch’ atau poni layar yang khas dimiliki oleh iPhone X menjadi pasaran di perangkat Android. Sebuah tangkapan layar dari uji coba Android P Developer Preview 1 menampilkan menu “Display Cutout” yang memotong layar.

Selain itu ada opsi yang menawarkan format full screen atau layar penuh dengan memberikan sedikit tambahan bingkai buatan yang menjorok di sisi atas layar.

Mampu Melihat Pesan Gambar di Notifikasi

Fitur lainnya yang mungkin akan ada di Android P adalah bisa melihat cuplikan pesan bergambar dengan cara menyapu ke bawah papan notifikasi dari atas layar, dimana fitur tersebut sampai saat ini belum ada di sistem operasi android manapun. Pengguna harus membuka notifikasi terlebih dahulu sebelum bisa melihat pesan bergambar.

Percakapan Group dan Personal Menjadi Lebih Jelas

Pada versi Android yang digunakan saat ini tampilan notifikasi percakan dan personal memang bisa dibedakan, namun pengguna harus membuka notifikasi untuk melihat pesan lebih lengkap. Pada Android P nanti akan menampilkan notifikasi menjadi lebih jelas sehingga pengguna tidak harus mengetuk layar.

Multi Kamera Yang Mendukung Aplikasi Ketiga

Android P kabarnya akan menggunakan pengaturan kamera ganda yang sekarang ini sudah banyak di gunakan pada smartphone high-end dan juga mid-range. Dengan begitu para pengembang aplikasi bisa menyesuaikan aplikasi mereka untuk mendukung multi-kamera pada smartphone yang nantinya akan menggunakan sistem operasi Android P.

Gmail Smart Replies

Fitur Smart Reply di kotak masuk Gmail dan juga Google Allo sudah dirilis oleh Google tahun lalu. Smart Reply sendiri menampilkan beberapa opsi jawaban yang memanfaatkan algoritma machine learning. Sehingga pengguna hanya cukup mengetuk pilihan singkat mana yang paling sesuai tanpa harus mengetik panjang.

Zooming Text Seperti iPhone

Fitur Zooming Text seperti iPhone ini merupakan fitur tersembunyi yang tidak disebutkan di blog resmi Android. Fitur Zooming Text atau memperbesar teks ini mengijinkan pengguna untuk melihat lebih jelas apa yang sedang mereka ketik. Pembesaran teks bisa dilakukan dengan mengarahkan kursor ke kata atau kalimat yang diinginkan.

Mampu Mengkompresi Foto

Fitur kompresi foto sebelumnya sudah hadir di iOS, khususnya iOS 11. Dimana dengan fitur ini memungkinkan penghematan ruan penyimpanan pada koleksi foto yang pengguna miliki. Begitu pula saat transer foto dilakukan akan lebih menghemat data.

Garis Volume Vertikal

Fitur Yang Akan Hadir di Android P
foto : XDA Developer

Perubahan terakhir adalah perubahan volume bar yang semula horizontal (dari kanan ke kiri) akan berubah menjadi vertikal (dari atas ke bawah). Selain itu Android P juga menampilkan fitur screenshot yang akan muncul secara pop-up dengan menekan tombol power.

Itulah beberapa fitur yang akan hadir di Android P beberapa waktu kedepan, walaupun masih berupa wacana, namun fitur-fitur tersebut sangat layak untuk hadir di sistem operasi terbaru dari Android.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *