Thursday , October 17 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Fitur Penghemat Data Google Chrome di Cabut

Fitur Penghemat Data Google Chrome di Cabut

foto : Android Headlines

Fitur Penghemat Data Google Chrome di Cabut

lebakcyber.net – Fitur penghemat data Google Chrome di cabut. Sebagian dari kita yang hidup di negara-negara dimana internet cepat dan dapat diandalkan untuk menunjang aktivitas.

Internet cepat artinya situs web harus bekerja dengan optimal misalnya seperti video dapat di streaming tanpa gangguna ataupun buffering yang lama dan juga file yang ada diinternet dapat didownload dengan cepat.

Namun ada juga beberapa yang tidak dapat menikmati akses internet cepat tersebut. Hal tersebut menandakan kalau pengoptimalan situs web merupakan hal yang sangat penting.

Advertisements

Oleh sebab itulah fitur Google Chrome Data Saver atau penghemat data berguna, dimana fitur tersebut dapat membantu meningkatkan waktu peningkatan pemuatan halaman.

Dikutip dari halaman Ubergizmo, sayangnya pihak Google memutuskan untuk mematikan fitur penghemat data tersebut pada browser Google Chrome buatannya.

Google sudah mengumumkan kalau fitur tersebut akan dihentikan dalam waktu dekat. Dan sebagai gantinya, fitur penghemat data akan diluncurkan kembali di Google Chrome untuk Android yang sekarang dikenal sebagai mode Lite.

Advertisements

Dalam keterangannya, Google mengatakan “Mode Lite juga membantu meningkatkan pemuatan halaman. Kalau Chrome memperkirakan suatu halaman akan membutuhkan waktu lebih dari 5 detik untuk memuat sebuah gambar atau teks pertama ditampilkan di layar, halaman Lite justru sangat dioptimalkan untuk memuatnya jauh lebih cepat”.

Namun perusahaan asal Amerika Serikat tersebut tidak menyebutkan alasan mengapa mereka memutuskan untuk mematikan fitur tersebut pada perangkat desktop. Mungkin saja, mereka memilih untuk menginvestasikan fitur ini lebih ke versi mobile.

Kabar ini ternyata tidak terlalu mengejutkan, mengingat ada beberapa pengembang yang memilih untuk meluncurkan versi “Lite” dari aplikasinya untuk menaikan minat di pasaran.

Sebagai informasi tambahan, Google merupakan satu-satunya yang meluncurkan YouTube Go yang dirancang secara khusus untuk merangkul pasar kelas bawah dan memiliki akses internet yang tidak begitu cepat.

Aplikasi YouTube Go juga memungkinkan para penggunanya untuk memilih resolusi dari video yang akan dimainkan terlebih dahulu dan juga mendownload video agar nantinya dapat dilihat secara offline tanpa harus menggunakan paket data internet.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Yang Baru Dari Browser Chrome 64

Yang Baru Dari Browser Chrome 64

Yang Baru Dari Browser Chrome 64 lebakcyber.net – Baru-baru ini Google Chrome mengeluarkan versi browser …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *