Wednesday , May 27 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Fitur-Fitur Yang Akan Hadir di iOS 14

Fitur-Fitur Yang Akan Hadir di iOS 14

foto : Youtube

Fitur-Fitur Yang Akan Hadir di iOS 14

lebakcyber.net – Fitur-fitur yang akan hadir di iOS 14. Apple sepertinya sedang mengerjakan pembaruan yang baru untuk sistem operasinya, yaitu iOS 14. Pada pembaruan sistem operasi iOS tersebut nantinya akan ada beberapa fitur baru dan dalam proses pengembangannya, Apple sepertinya berfokus untuk memperbaiki bug yang ada pada sistem operasi iOS 13.

Dikutip dari halaman MacRumors, Selasa (07/03/2020), pada tahap versi uji coba, fitur-fitur yang nantinya akan ada pada iOS 14 tersebut sempat bocor ke publik. Dan berikut ini adalah beberapa fitur yang nanti akan hadir pada iOS 14 berdasarkan bocoran tersebut.

Tampilan Home Screen

Pada iOS 14 akan memberikan pilihan layar beranda yang memungkin penggunanya untuk berpindah widget secara bebas, misalnya seperti ikon aplikasi yang berada di layar beranda. Namun pilihan tersebut tidak akan tersedia pada widget yang ada di bagian ‘Today’ pada pusat noftifikasi saat user menggeser ke kanan.

Advertisements

Beberapa Aplikasi Baru

Apple memang sedang membuat sebuah aplikasi kebugaran untuk perangkat iPhone, Apple TV dan juga Apple Watch, dimana aplikasi tersebut nantinya akan memungkinkan penggunanya untuk mendownload video yang berisi kebugaran dan juga dapat memandu pengguna dalam melakukan berbagai latihan.

Selain itu pihak Apple juga sedang melakukan uji coba berbagai fitur baru untuk aplikasi iMessage serta fungsi baru yang nantinya akan dimasukan pada iOS 14. Salah satunya adalah fitur Slack-Like yang memungkinkan para penggunanya untuk membisukan percakapan, namun masih tetap mendapatkan pemberitahuan kalau ada penyebutan dalam percakapan.

Advertisements

Retract Messages

Selanjutnya ada fitur untuk menarik kembali percakapan yang tersedia pada aplikasi iMessage kalau terjadi kesalahan dalam pengiriman pesan. Penarikan pesan tersebut akan bisa dilihat oleh kedua belah pihak. Selain itu ada juga fitur baru di iMessage yang bernama “tandai belum dibaca” yang dapat digunakan untuk menandai pesan yang dianggap lebih penting.

Augmented Reality Baru

Apple sepertinya memang sudah memiliki rencana untuk memperkenalkan fitur Augmented Reality (AR) baru yang akan mereka rilis pada iOS 14, dengan nama kode Gobi. Fitur tersebut memungkinkan para pengguna mendapatkan informasi lebih banyak mengenai suatu kejadian yang ada di sekitar mereka melalui Augmented Reality.

Setting Aplikasi Ketiga Sebagai Aplikasi Default

Pada iOS 14 juga sepertinya pihak Apple memberikan sedikit keleluasaan pada aplikasi pihak ketiga, dimana para pengguna dapat mengatur perangkat iPhone atau iPad yang mereka gunakan menjadikan aplikasi ketiga seperti browser, pemutar musik ataupun aplikasi surat menjadi aplikasi default.

Perubahan tersebut memungkinkan pengguna untuk mengatur aplikasi seperti Gmail atau Google Chrome sebagai aplikasi default pada perangkat iOS, dengan begitu saat pengguna mengetuk tautan link atau alamat email, tidak akan membuka aplikasi bawaan Apple saja.

Pemabaruan Fitur Find My iPHone

Pada pembaruan di iOS 14, fitur Find My iPhone juga akan sangat membantu orang tua dalam memantau kegiatan anaknya. Karena pada iOS 14 nanti fitur Find My iPhone dapat memungkinkan para orang tua untuk melacak keberadaan anaknya. Contohnya saat sekolah, para orang tuda dapat mengatur peringatan kapan kira-kira anaknya sampai di sekolah pada waktu tertentu.

CarPlay

Fitur CarPlay pada iOS 14 bisa mendukung wallpaper khusus yang menampilkan gambar antarmuka CarPlay. Wallpaper tersebut juga dapat beralih antara mode gelap dan mode terang berdasarkan waktu tertentu.

CarKey

Fitur-Fitur Yang Akan Hadir di iOS 14
foto : macrumors

Pada pembaruan iOS 13.4, petunjuk mengenai API “CarKey” baru ditemukan dan kemungkinan pada iOS 14, iPhone nantinya akan mendukung untuk membuka dan juga mengunci kunci mobil, sehingga pengguna dapat menyalakan mobil mereka dengan batuan dari fitur NFC. Selain itu pengguna juga bisa menggunakan perangkat mereka sebagai pengganti dari kunci mobil fisik.

BMW yang merupakan perusahaan produsen otomotif yang berasal dari Jerman menjadi salah satu mitra dari Apple dalam penerapan dari teknologi CarKey pada kendaraannya.

Apple Maps

Pada iOS 14 Apple Maps mendapatkan pembaruan yang dapat memberikan informasi tambahan pada bisnis tertentu, misalnya layanan bar tertentu yang ditawarkan oleh Apple Store serta bioskop yang menyajikan waktu tayang dari IMAX.

iCloud KeyChain

Fitur-Fitur Yang Akan Hadir di iOS 14
foto : macrumors

iCloud KeyChain juga mendapatkan pemaruan dimana setiap kali kata sandi yang yang sama digunakan kembali nantinya akan ada peringatan bahwa kata sandi tersebut sudah pernah digunakan. Pembaruan tersebut artinya mendorong para pengguna untuk menggunakan kata sandi yang berbeda setiap kali login.

Selain itu Apple juga menambahkan autentifikasi dua faktor pada format penyimpanan password. Pembaruan tersebut memungkinkan iCloud Keychain bisa menghasilkan kode autentikasi dua faktor agar bisa mencegah perlunya aplikasi otentikasi dua faktor.

Perangkat Yang Mendapat Update iOS 14

Kabarnya iOS 14 ini nantinya akan kompatibel dengan semua versi iPhone yang mendapat update iOS 13 termasuk perangkat Apple keluaran lama, seperti misalnya iPhone 6S dan iPhone SE.

Dan berikut ini adalah daftar perangkat Apple yang bisa mendapat update sistem operasi iOS 14, namun daftar dibawah ini sewaktu waktu dapat berubah :

  • iPod Touch 7th Generation
  • iPhone SE
  • iPhone 6S
  • iPhone 7
  • iPhone 7 Plus
  • iPhone 8
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone X
  • iPhone XR
  • iPhone XS
  • iPhone XS Max
  • iPhone 11
  • iPhone Pro
  • iPhone Pro Max

Semtara untuk iPad, sistem operasi iOS 14 nanti akan hadir pada semua perangkat iPad yang menggunakan sistem operasi iOS 13, kecuali iPad Mini 4 yang sudah dirilis pada tahun 2015 dan juga iPad Air 2 yang dirilis pada tahun 2014 lalu.

Dan berikut ini adalah daftar perangkat iPad yang mendapatkan update sistem operasi iPadOS 14 dan daftar dibawah ini juga masih dapat berubah sewaktu-waktu :

  • iPad Air Generation 3
  • iPad mini Generation 5
  • iPad Generasi 5
  • iPad Generasi 6
  • iPad Generasi 7
  • iPad Pro 9,7 inci
  • iPad Pro 10,5 inci
  • iPad Pro 11 inci
  • iPad Pro 12,9 inci

Tanggal Rilis iOS 14

Sistem operasi iOS 14 nantinya akan dipratinjau dalam acara konferensi Pengembang Dunia 2020 yang akan diadakan pada bulan Juni 2020 yang akan datang. Tapi belum ada kepastian mengenai pelaksanaan dari acara tersebut, apalagi dengan adanya pandemi corona seperti sekarang ini yang sedang melanda berbagai dunia.

Rencananya setelah dilakukan proses pratinjau, sistem operasi iOS 14 ini nantinya akan diberikan kepada para pengembang untuk selanjutnya dilakukan pengujian diikuti oleh para kelompok pengujian beta publik Apple.

Pengujian beta sendiri diperkirakan akan selesai pada akhir tahun 2020 nanti atau pada musim gugur, selanjutnya barulah sistem operasi iOS 14 tersebut akan dirilis kepada publik bersamaan dengan perilisan iPhone versi terbaru.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Ubisoft Tuntut Apple dan Google

Ubisoft Tuntut Apple dan Google

Ubisoft Tuntut Apple dan Google lebakcyber.net – Ubisoft tuntut Apple dan Google. Pihak Apple dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *