Tuesday , June 2 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Fitur Fitur Baru Yang Ada di MIUI 12

Fitur Fitur Baru Yang Ada di MIUI 12

foto : gamebrott

Fitur Fitur Baru Yang Ada di MIUI 12

lebakcyber.net – Fitur fitur baru yang ada di Miui 12. MIUI 12 akhirnya secara resmi diluncurkan dan menjadi salah satu antarmuka paling baru yang dikeluarkan oleh Xiaomi yang ditujukan untuk smartphone yang mereka buat. Masih seperti konsep sebelumnya, sepertinya Xiaomi cukup fokus dalam mengembangkan estetika dari antarmuka terbarunya tersebut.

Sesuai dengan kabar yang beredar, pihak Xiaomi banyak melakukan pembaruan animasi sampai tampilan dari MIUI. Seperti navigasi, efek transisi sampai ke fitur keamanan bagi para penggunanya. Lalu apa saja fitur baru yang ada di MIUI 12 ini? berikut ulasannya.

Fitur Keamanan

Di MIUI 12 juga Xiaomi menghadirkan fitur keamanan yang baru yang diberi nama Flare, Mask System dan juga Barbed Wire.

Advertisements

Dimana Flare bisa memantau izin dan juga informasi-informasi sensitif yang diakses oleh suatu aplikasi. Selanjutnya Flare akan mengrimkan pemberitahuan dengan warna berbeda saat sebuah aplikasi menggunakan akses kamera, GPS ataupun mikrofon pada perangkat pengguna.

Untuk Mask System Sendiri dapat mencegah aplikasi yang tidak dipercaya untuk mengakses suatu informasi seperti kalender, kontak, riwayat panggilan dan bahkan IMEI.

Advertisements

Sementara untuk Barbed Wire memiliki sistem kerja seperti izin lokasi pada Android, dimana fitur ini memungkinkan kepada para penggunanya agar memberikan batasan perizinan lokasi, kamera dan juga mikrofon dengan pilihan selalu izinkan, tolak permintaan, atau selalu izinkan pada aplikasi tertentu.

Animasi Baru

Pada MIUI 12 ini, animasi termasuk dalam pergerakan dan juga transisi dari setiap ikon yang ada di MIUI 12. Bahkan hampir semua sistem animasi diubah oleh Xiaomi pada MIUI 12 ii. Xiaomi juga mengklaim kehalusan dari transisi animasi tersebut setara dengan sistem operasi iOS.

Mulai dari membuka aplikasi, status baterai, rotasi layar, live wallpaper sampai mengatur ikon yang ada di homescreen mendapat perubahan dari Xiaomi. Xiaomi sepertinya sudah bekerja keras agar dapat menghadirkan nuansa yang benar-benar baru pada MIUI 12 tersebut.

Navigasi

MIUI juga menjadi salah satu interface yang menggunakan gestur navigasi. Diman pada versi MIUI 12 ini, gestur navigasi tersebut akan bekerja dengan cara seperti fitur gestur yang ada pada sistem operasi Android 10.

UI Yang Lebih Bersih

Di setiap updatenya, MIUI selalu memberikan tampilan yang lebih bersih pada sisi user interfacenya, misalnya seperti yang ada di MIUI 12. Dimana pada versi terbaru tersebut interface dibuat menjadi lebih bersih dan juga memiliki jarak yang lebih antara icon atau gambar. Di bagian background juga sudah kelihatan lebih terang dibandingkan dengan sebelumnya.

Multiple Window

Ada pilihan multitasking baru pada MIUI 12. Dimana pada versi ini aplikasi pesan bisa langsung ditampilkan dengan cara picture-in-picture saat membuka aplikasi dengan layar penuh, misalnya saat sedang bermain game atau melihat video.

Live Wallpaper dan Always on Display

Sebelumnya juga sudah dikabarkan kalau Xiaomi akan memberikan lebih banyak animasi pada fitur always on display mereka. Beberapa diantaranya adalah terinspirasi dari planet Bumi, Bulan dan Mars.

Jadi saat pengguna membuka kunci layar, tampilan dari wallpaper tersebut akan di zoom mendekati planet tersebut. Saat penguna membuat suatu folder pada aplikasi, maka zoomnya akan semakin mendekat.

Sleep Tracker

Kalau biasanya fitur Sleep Tracker ini hanya bisa temui pada perangkat wearable saja, tapi pada MIUI 12 ini pengguna bisa mendapatkan manfaat dari fitur pelacak tidur ini. Dimana nantinya fitur ini dapat memantau pergerakan dari pengguna saat tertidur untuk menghitung kualitas tidur mereka.

AI Calling

Fitur AI Calling ini sebenarnya mirip dengan fitur Screen Calling milik Google. AI Calling pada MIUI 12 ini didesain bagi para pengguna yang memiliki masalah pendengaran, dimana kata-kata yang diucapkan akan diubah kedalam bentuk teks.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *