Tuesday , September 17 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Fitur Baru Yang Ada di iOS 13

Fitur Baru Yang Ada di iOS 13

foto : Tech Republic

Fitur Baru Yang Ada di iOS 13

lebakcyber.net – Fitur baru yang ada di iOS 13. Bagi para pengguna iPhone pasti sudah tidak sabar dengan kehadiran iOS 13 yang nantinya akan menjadi sistem operasi terbaru untuk iPhone, jadi tanpa harus berlama-lama lagi langsung saja kita bahas apa saja sih fitur baru yang ada di iOS 13 ini.

Dark Mode

Fitur ini mungkin yang paling ditunggu oleh para pengguna iOS. Secara tampilan memang tidak terlalu berbeda dengan Dark Mode yang ada di berbagai smartphone Android sekarang ini. Tampilan gelap biasanya digunakan untuk nyaman saat smartphone digunakan pada malam hari. Namun ada yang berbeda pada fitur Dark Mode yang ada di iPhone, yaitu adanya fitur manual dan otomatis. Ini memungkinkan iPhone agar dapat tampil light mode di pagi sampai sore hari dan juga secara otomatis fitur Dark Mode diaktifkan saat waktu malam tiba.

Bukan itu saja, wallpaper yang digunakan juga ikut menjadi Dark Mode. Jadi jalau fitur dark mode aktif secara otomatis wallpaper juga berubah menjadi gelap dan kalau light mode aktif, wallpapernya akan menjadi terang.

Optimize Battery Charging

Fitur ini yang paling diharapkan ada pada semua smartphone, yaitu manajemen pengisian baterai untuk memaksimalkan umur baterai pada saat digunakan untuk jangka waktu yang panjang. Jadi di sistem operasi iOS 13 ini iPhone akan memiliki fitur Optimized Battery Charging.

Low Data Mode

Fitur Low data mode berguna untuk mengurang penggunaan kuota di iPhone. Jadi kalau paket kuota kamu sudah menipis kamu dapat mengaktifkan fitur ini untuk menghemat penggunaan paket data.

Volume Slider Baru

Posisi slider volume sekarang berada di sebelah kiri smartphone yang sebelumnya berada di tengah dan nutupin konten yang sedang dibuka. Volume slider ini juga dibuat tipis agar tidak menutupi layar dan pengguna dapat melakukan slide untuk mengatur volumenya.

Photos

Pada aplikasi baru akan ada tab baru yaitu Days. Kerennya tab days ini walaupun aslinya kita mengambil foto banyak dan mirip mirip, disini akan ditampilkan yang terbaiknya saja. Jadi terlihat lebih clean dan juga enak dilihat.

Selain itu pengguna juga dapat mengedit foto langsung dari aplikasi photos, bisa juga memaksimalkan dengan edit auto ataupun edit manual mulai dari exposure, brilliance, shadow, highlight dan beberapa fitur lainnya.

Fitur editing ini juga berlaku bagi file video, dan editing ini bersifat non destrcutive yang artinya kamu dapat melakukan edit dan undo tanpa merusak file video aslinya. Jadi aplikasi Photos selain dapat digunakan sebagai galeri, dapat juga digunakan sebagai foto dan video editor.

QuickPath

Pada bagian keyboard, Apple menambahkan fitur baru bernama QuickPatch. Sebenarnya ini adalah swipe keyboard yang sekarang sudah banyak ditemukan di aplikasi keyboard yang ada di Android. Untuk sementara ini fitur bahasa indonesia belum tersedia pada QuickPath yang ada di iOS 13.

Reminders Mengalami peningkatan

Fitur Reminders mengalami perombakan secara drastis. Setelah sebelumnya pada Reminders memiliki fitur yang sangat sedikit, sekarang dirombak menjadi aplikasi task manajer yang lebih powerful. Sekarang kamu dapat membuat daftar untuk mengelompokan tugas lalu membuat task reminder, mengatur waktunya langsung dari keyboard dan juga bisa menambahkan attachment mulai dari web, foto sampai dokumen. Kamu juga dapat menambahkan task dengan memerintahkan SIRI.

Augmented Reality Mengalami Peningkatan

Augmented Reality (AR) juga mengalami peningkatan, pada iOS 13 AR menjadi lebih nyata lagi karena dapat mendeteksi seseorang. Jadi kalau ada orang dibelakang objek AR, orang tersebut benar-benar akan kelihatan ada di belakangnya dan terlihat lebih real.

App Store

Pada App Store di iOS 13 ini ada tab Apple Arcade yang mana ini merupakan layanan baru dari Apple dimana para penggunanya dapat membayar bulanan dan mengakses semua game yang ada didalam Apple Arcade. Dan di bagian Settings, sekarang pengguna dapat mendownload aplikasi berukuran besar dengan menggunakan paket data seluler.

Notes Lebih Keren

Notes juga mendapatkan view baru. Jadi kalau pengguna menarik kebawah, akan ada Gallery View. Selain itu pengguna juga dapat berbagi folder dengan orang lain lalu bisa juga melakukan drag n drop check list, mengatur indentasi juga tinggal melakukan swipe saja.

Safari Lebih Menarik

Browser Safari juga tidak ketinggalan mendapatkan fitur baru. Start Pagenya sekarang ada menu Favorites dan juga Frequently Visited. Lalu ada juga download manager di Safari iOS 13, jadi pengguna dapat melihat proses download dan buka file hasil dari proses download tersebut dalam satu folder.

Bisa Install Font

Sekarang di iOS 13 ini pengguna bisa menginstall font untuk dapat digunakan pada berbagai aplikasi favorit. Font ini nantinya akan dapat didownload langsung melalui App Store.

iMessages Mirip WhatsApp

Sekarang di iOS 13 pengguna bisa mengatur nama dan juga foto pada aplikasi iMessages, selain itu bisa share ke kontak saja atau ke semua orang. Fitur tersebut mirip dengan profile picture yang ada di WhatsApp.

Pencarian pesan juga lebih cepat dan lebih bagus dari sebelumnya, karena belum mengetik apa-apa, iMessages sudah menampilkan recent photo atau recent kontak, begitu proses pengetikan pencarian selelsai dilakukan maka hasilnya akan langsung ditampilkan berdasarkan kategorinya.

Privacy Makin Ketat

Pada menu privacy sekarang ada pilihan location access untuk satu kali saja. Jadi aplikasi akan melakukan request setiap kali akan meminta akses lokasi.

Support Game Controller

Pada iOS 13 iPhone ini sekarang sudah support stick PS4 dan juga Xbox One S, pasti buat kamu yang sering bermain game sangat senang mendengar kabar ini bukan.

Oke jadi itulah beberapa fitur baru yang ada di iOS 13.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *