Tuesday , October 20 2020
Home » Android » Fitur Baru Yang Ada di Android 11

Fitur Baru Yang Ada di Android 11

foto : extreme tech

Fitur Baru Yang Ada di Android 11

lebakcyber.net – Fitur baru yang ada di Android 11. Android 11 yang nantinya akan menjadi penerus dari Android 10 memiliki beberapa perubahan dan juga hadirnya fitur baru pada sistem operasi tersebut yang diungkapkan langsung oleh Google.

Beberapa fitur pada sistem operasi Android 11 diungkap dalam Developer Build yang sudah tersedia beberapa bulan lebih cepat dibandingkan dengan jadwal biasanya. Build yang sama juga sudah dijalankan pada smartphone Pixel 4 beberapa bulan yang lalu. Selain itu, pihak Google juga mengatakan kalau Pixel 2XL akan mendapatkan software yang sama.

Sistem operasi Android 11 lebih difokuskan pada bagian keamanan dan juga privasi dari para penggunanya. Bukan itu saja, sistem operasi Android 11 ini juga mendukung teknologi baru seperti 5G dan juga layar lipat.

Advertisements

Nantinya, di bagian bawah area notifikasi akan ada tab obrolan, mirip seperti chat pada Facebook, bidang perizinan aplikasi yang semakin di tingkatkan dan juga aksesbilitas yang jauh lebih mudah.

Dikutip dari halaman Gizmochina, Jumat (21/02/2020), berikut ini adalah beberapa fitur yang nantinya akan ada pada sistem operasi Android 11.

Advertisements

Perizinan dan Privasi

Penggunaan mikrofon, kamera dan lokasi dari pengguna dalam satu waktu akan semakin meningkatkan privasi dari para penggunanya.

Perizianan satu waktu tersebut mampu memungkinkan sistem untuk dapat mengambil alih kontrol dari aplikasi setelah dihentikan. Selain itu juga aplikasi yang meminta izin akses lokasi akan langsung diminta aksesnya melalui izin Google.

Dan hanya aplikasi yang sudah mendapat persetujuan dari Google saja yang bisa mendapatkan izin dari data lokasi pengguna.

Chat Bubble

Setelah penantian selama beberapa tahun, sekarang sistem operasi Android 11 akan memiliki dukungan untuk tampilan chat yang mirip seperti yang ada pada aplikasi Facebook Messenger.

Chat Bubble memungkinkan para pengguna untuk saling berhubungan dengan beberapa obrolan secara intuitif dan juga meningkatkan keseluruhan aksesbilitas.

Tab Obrolan Baru

Sistem operasi Android 11 juga akan menyediakan tab untuk obrolan pada panel notifikasi, nantinya pengguna juga dapat melihat pesan terbaru yang akan berada di bagian bawah panel notifikasi.

Pihak Google juga menambahkan cara baru untuk melakukan respon pesan yang ada di panel notifikasi. Nantinya pengguna dapat mengirimkan gambar secara langsung melalui notifikasi tersebut.

Sharing UI Yang Ditingkatkan

Sistem operasi Android 11 akan mengizinkan kepada para penggunanya untuk menyematkan media sosial favorit mereka di bagian atas menu berbagi. Fitur ini sebenarnya sudah hadir pada sistem operasi Android 9 dan versi sebelumnya.

Namun sayangnya pada sistem operasi Android 10 fitur tersebut dihilangkan. Dan sekarang pihak Google mengembalikannya kembali di sistem operasi Android 11 ini.

Dukungan Terhadap Teknologi Baru

Teknologi 5G akan membuat pihak Google mau tidak mau harus ikut menambahkan dukungan natif terhadap jaringan 5G di sistem operasi Android 11, smartphone dengan desain layar lipat dan juga machine learning.

Dukungan terhadap beberapa teknologi baru tersebut nantinya akan membantu manufaktur produk untuk merilis smartphone generasi terbarunya tanpa harus bergantung kepada pihak ketiga.

Selain itu Google juga akan menghadirkan dukungan terhadap low latency untuk video, screening pada panggilan suara yang lebih baik dan juga API neural network milik Google.

Dark Mode Berjadwal

Pada sistem operasi Android 10, pihak Google sepertinya mendengarkan permintaan dari para pengguna agar membawa fitur dark mode pada seluruh layanan. Dan pada sistem operasi Android 11 ini, pihak Google akan menghadirkan fitur penjadwalan dark mode.

Dimana pengguna nantinya mampu menjadwalkan kapan fitur dark mode akan diterapkan pada perangkat mereka secara otomatis berdasarkan waktu.

Bluetooth Tidak Terpengaruh Airplane Mode

Sekarang ini para pengguna Android tidak dapat menggunakan Bluetooth pada saat mereka sedang berada dalam mode pesawat atau airplane mode.

Tapi pada sistem operasi Android 11 pengguna dapat terus menggunakan Bluetooth sehingga bisa terus terhubung dengan perangkat wearable atau headset saat mode pesawat diaktifkan.

Sensitivitas Sentusah Semakin Ditingkatkan

Pihak Google sempat menambahkan pilihan baru agar meningkatkan sensitivitas sentuhan yang dapat diakses pada panel Pengaturan.

Sekarang para pengguna dapat meningkatkan sensitivitas dari sentuhan sebelum menggunakan sarung tangan atau saat menggunakan pelindung layar. Fitur ini dianggap sangat membantu dan berguna bagi para pengguna.

Mute Pesan Saat Menggunakan Kamera

Fitur baru pada Android 11 juga mampu membantu para pengguna untuk melakukan mute (senyap) setiap ada notifikasi yang masuk pada saat menggunakan kamera. Fitur baru ini juga dapat membantu pengguna saat sedang melakukan video call.

Berdasarkan informasi sebelumnya, sistem operasi Android 11 ini kemungkinan juga akan menghadirkan Wireless ADB yang sangat aman dan juga sudah mendukung proses perekaman video dengan kapasitas sampai 4GB lebih.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *