Tuesday , September 29 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Fitur Baru Yang Ada di Android 11

Fitur Baru Yang Ada di Android 11

foto : pocket-lint

Fitur Baru Yang Ada di Android 11

lebakcyber.net – Fitur baru yang ada di Android 11. Google baru saja memberikan kabar mengenai hadirnya sistem operasi Android 11 pada perangkat seri Pixel buatan perusahaan dan beberapa ponsel milik vendor lainnya.

Melalui update Android 11 tersebut, Google juga memperkenalkan beberapa fitur baru serta meningkatkan kemampuan yang sudah ada didalam ponsel agar menjadi lebih optimal pada saat digunakan.

Sebelum diluncurkan secara resmi, beberapa bocoran fitur juga sudah diketahui melalui program beta atau developer build yang telah tersedia beberapa bulan lebih cepat dibandingkan biasanya.

Advertisements

Beberapa informasi mengenai privasi dan juga keamanan data pengguna yang semakin ditingkatkan sampai tab chat baru juga sudah terlebih dahulu tersebar di internet. Dan berikut ini adalah beberapa fitur baru yang ada di Android 11 tersebut.

Tampilan Menu Power Baru

Sebuah perubahaan yang paling menonjol di sistem operasi Android 11 ini adalah tampilan menu power. DImana biasanya hanya ada pilihan restart, lock (mengunci ponsel), atau power off.

Advertisements

Pada sistem operasi Android 11 ini pengguna disajikan menu baru yang bisa digunakan untuk mengakses secara cepat beberapa fitur layanan, salah satunya adalah Google Play. Google juga memberikan akses cepat untuk mengendalikan semua perangkat IoT melalui aplikasi Google Home.

Yang menarik adalah pihak Google juga menyertakan sebuah easter egg yang bernama Cat Controls. Dimana fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk memberikan makan, minum serta bermain dengan kucing virtual.

Dimana nantinya kucing virtual tersebut akan muncul dalam waktu yang tidak ditentukan dan nantinya akan menyapa pengguna melalui chat serta emoji lucu.

Tampil Baru Menu Media Player

Bagi pengguna yang sering menikmati musik melalui aplikasi Spotify atau YouTube Music atau juga melihat video di YouTube, desain ulang kendali media player pada sistem operasi Android 11 bisa memberikan pengalaman yang lebih baik lagi dibandingkan versi sebelumnya.

Melalui pembaruan sistem operasi Android 11 tersebut, semua kendali media player juga telah terintegrasi kedalam menu quick setting atau pengaturan cepat.

Hanya dengan melakukan swipe ke bawah dari atas layar, pengguna bisa melihat kendali musik seperti Spotify, YouTube Music, sampai video YouTube yang bisa diputar ke layar lain.

Yang menarik adalah sekarang pengguna bisa memilih pada perangkat apa suara musik tersebut nantinya akan dimainkan. Hal tersebut pastinya sangat membantu kalau pengguna memiliki speaker Bluetooth ataupun earbuds yang terhubung pada aplikasi Google Home.

Chat Bubble

Bagi pengguna aplikasi Facebook Messenger pasti masih ingat dengan gelembung chat yang bisa berpindah-pindah letak layarnya.

Fitur tersebut sepertinya diadopsi oleh Google pada beberapa aplikasi chatting seperti, WhatsApp, Telegram, Messages dan juga Facebook Messenger.

Namun sayangnya fitur Chat Bubble tersebut masih belum bisa mendukung Directs dan juga Twitter Direct Messages.

Tampilan Notifikasi Baru

Google juga merubah tampilan notifikasi yang muncul pada perangkat smartphone yang menggunakan Android 11. Sekarang pesan yang masuk akan dibagi berdasarkan grupnya masing-masing.

Notifikasi pada aplikasi pesan nantinya akan masuk ke grup “Conversations”, dan dapat diatur menjadi tiga kategori, yaitu Default, Silent dan juga Priority.

Kalau memilih Silent, nantinya notifikasi pesan tersebut tidak akan muncul pada layar. Sedangkan Default, smartphone pengguna nantinya akan bergetar dan berbunyi pada saat ada pesan masuk.

Dan untuk Priority yang mana fitur tersebut hanya tersedia pada beberapa aplikasi tertentu saja, notifikasinya akan selalu muncul di paling atas serta tampil dalam bentuk bubble.

Rekam Tampilan Layar Bawaan

Setelah lama ditunggu-tunggu, akhirnya pihak Google merilis sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya agar dapat merekam tampilan layar kedalam bentuk video melalui sistem operasi Android 11 ini.

Tanpa harus menggunakan aplikasi dari pihak ketiga, sekarang pengguna bisa menunjukan kemampuan saat bermain game atau memberikan tutorial kepada orang lain dengan mudah.

Agar bisa mengaksesnya, pengguna bisa melakukan swipe dari atas layar ke bawah agar menampilkan pengaturan cepat Screen Record.

Kalau tidak muncul, pengguna dapat menambahkan tiles Screen Record dengan cara mengklik ikon pensil serta geser tile tersebut keatas.

Izin Aplikasi Yang Lebih Ketat

Sejak sistem operasi Android 10, Google semakin memperketat izin mengenai apa saja yang bisa diakses oleh aplikasi bawaan dan juga aplikasi dari pihak ketiga.

Biasayan, pada saat setiap kali melakukan proses instal aplikasi pengguna akan diminta untuk memberikan izin pada beberapa fitur yang ada di smartphone, misalnya seperti GPS, kamera, mikrofon dan lain sebagainya.

Walaupun memang dibutuhkan, namun tidak sedikit juga ada pengembang yang menyalahgunakan perizinan tersebut untuk mengumpulkan data yang lebih banyak tanpa sepengetahuan pengguna.

Pada sistem operasi Android 11 ini, pengguna bisa mendapatkan pilihan untuk memaksa sebuah aplikasi agar menanyakan izin pengguna pada saat setiap kali ingin mengakses sebuah fitur di ponsel.

Yang menarik adalah Google juga menambahkan kemampuan baru yang bisa menghapus akses fitur pada perangkat kalau sudah lama tidak digunakan lagi.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Strategi Google Hadapi Tuntutan Epic Games

Strategi Google Hadapi Tuntutan Epic Games

Strategi Google Hadapi Tuntutan Epic Games lebakcyber.net – Strategi Google hadapi tuntutan Epic games. Perseteruan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *