Saturday , September 26 2020
Home » The Lounge » News » Fitur Baru PeduliLindungi Sambut New Normal

Fitur Baru PeduliLindungi Sambut New Normal

foto : Jawapos

Fitur Baru PeduliLindungi Sambut New Normal

lebakcyber.net – Fitur baru PeduliLindungi sambut new normal. Kementerian Komunikasi dan Informatika / Kemkominfo, Kementerian BUMN dan juga Telkom Indonesia menambahkan beberapa fitur baru pada aplikasi PeduliLindungi. Harapannya beberapa fitur baru tersebut bisa memudahkan para penggunanya dalam menghadapi era new normal.

Johnny G Plate selaku Menteri Menkominfo menjelaskan beberapa fitur baru yang akan hadir pada aplikasi PeduliLindungi adalah QR Code untuk digital diary pejalanan para pengguna. Dan diharapkan pada minggu ketiga di bulan Juni ini pengembangan dari fitur QR Code yang ditujukan untuk digital diary tersebut sudah dapat dirilis dan bisa digunakan.

Johnny menjelaskan pada saat konferensi pers online bahwa QR Code untuk WNI atau WNA yang memasuki wilayan Indonesia, batas negara di tujuh pintu atau yang dikenal juga dengan gate imigrasi dan secara langsung ditetapkan sebagai ODP.

Advertisements

Fitur kedua pendaftaran rapid test dan juga swab test sebagai passport user pada saat relaksasi pembatasan sosial berskala besar atau PSBB pada minggu pertama di bulan Juli 2020.

Selanjutnya juga akan ada fitur Face Recognition yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan suhu tubuh dan juga masker sebelum pengguna masuk ke area public atau gedung pada minggu kedua di bulan Juli.

Advertisements

Aplikasi PeduliLindungi juga kabarnya akan dikembangkan untuk pengguna non-smartphone yang diharapkan fitur tersebut dapat hadir pada minggu ketiga di bulan Juli 2020.

Johnny menambahkan bahwa saat ini pengguna smartphone jumlahnya sangat signifikan, tapi yang nonsmartphone penggunanya jauh lebih besar. Sehingga pengguna non-smartphone dapat mengakses PeduliLindungi dan diharapkan pengguna aplikasi PeduliLindungi semakin banyak dan aplikasi ini bisa memberikan manfaat dalam rangka membantu masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Nantinya juga akan dibuatkan SDK atau Software Development Kit PeduliLindungi yang direncanakan akan selesai pada minggu keempat bulan Juli 2020. SDK juga bisa dimanfaatkan pada berbagai aplikasi lainnya.

Pada kesempatan tersebut juga Johnny G Plate ikut memberikan update mengenai jumlah pengguna dari aplikasi PeduliLindungi. Sampai sekarang ini sudah hampir mendapatkan 4 juta pengguna dan dirinya berharap agar masyarakat melakukan instalasi aplikasi PeduliLindungi tersebut langsung dari App Store ataupun Play Store.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *