Monday , June 17 2024

Fitur Baru iOS 16

Fitur Baru iOS 16

Fitur Baru iOS 16

lebakcyber.net – Fitur Baru iOS 16. iOS 16 yang merupakan sistem operasi yang digunakan pada perangkat iPhone baru saja di umumkan kepada publik oleh pihak Apple pada acara Worlwide Developer Conference (WWDC 2022) yang dilakukan pada hari Selasa tanggal 07/06/2022 dini hari waktu Indonesia.

Dengan membawa tema “Personal is Powerful”, sistem operasi iOS 16 membawa beberapa fitur baru yang secara garis besar akan dapat lebih memudahkan bagi para penggunanya untuk melakukan personalisasi pada perangkatnya.

Salah satu fitur yang ada pada iOS 16 yang dapat mewakili tema dari acara tersebut adalah tampilan layar kunci atau Lock Screen yang dapat dimodifikasi penggunanya. Selain itu ada juga fitur personalisasi pada aplikasi iMessage yang dapat mengedit pesan yang sudah dikirim.

Berikut ini adalah beberapa fitur baru yang ada pada sistem operasi iOS 16 yang dilansir dari halaman resmi Apple.

Lock Screen Yang Bisa Dimodifikasi

Pada sistem operasi iOS 16 ada sebuah fitur yang memungkinkan para penggunanya untuk melakukan modifikasi tampilan Lock Screen. Fitur tersebut hampir sama dengan yang ada pada smartphone yang menggunakan sistem operasi Adroid.

Dengan hadirnya fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk mengganti tampilan wallpaper, namun juga dengan mengubah desain tampilan tanggal dan juga jam, dan pengguna juga dapat memilih font serta merubah warnanya. Pada Lock Screen di iOS 16 juga pengguna bisa menambahkan beberapa widget didalamnya.

Sharing galeri foto melalui iCloud

Pada sistem operasi iOS 16 juga pengguna dapat membuat sebuah galeri foto yang khusus terpisah agar bisa dibagikan kepada pengguna lain melalui iCloud. Galeri tersebut nantinya dapat dikelola sampai 5 orang anggota dimana setiap anggotanya dapat melakukan edit, menambahkan foto dan juga menghapus foto yang ada pada galeri tersebut.

Apple Pay Later

Pihak Apple juga menambahkan metode untuk melakukan pembayaran Pay Later dimana penggunanya dapat melakukan pembelian sekarang dan membayarnya nanti pada aplikasi Apple Pay yang ada di iOS 16. Nantinya saat pengguna melakukan belanja dengan menggunakan Apple Pay akan disediakan opsi melakukan pembayaran dengan cicilan.

Fitur Live Text

Fitur Live Text yang mendapatkan update juga memungkinkan pengguna agar dapat menyalin teks dari video yang di pause. Bukan hanya menyalin, namun teks ata data yang ada di video tersebut juga bisa ditindaklanjuti dengan beberapa perintah seperti penerjemah bahasa.

Passkeys

Fitur Passkeys yang ada pada sistem operasi iOS 16 dapat memudahkan para penggunanya untuk menggunakan Touch ID dan juga Face ID pada saat ingin melakukan login atau melakukan autentikasi akun pada suatu halaman website daripada menggunakan password yang lebih mudah untuk dibobol.

Shared Tab Group di Safari

Sistem operasi iOS 16 juga ikut mendapatkan update baru pada fitur aplikasi browser safari. Fitur baru yang dihadirkan tersebut adalah Shared Tab Group.

Dengan menggunakan fitur tersebut memungkinkan pengguna agar bisa membagikan tab browser yang sedang dibuka ke pengguna lainnya. Jadi dengan begitu para pengguna lain juga akan dapat melihat serta mengubah tab tersebut secara real time.

Mengirim e-mail Terjadwal

Aplikasi e-mail bawaan yang ada pada iPhone juga ikut mendapat update pada sistem operasi iOS 16. Fitur baru tersebut adalah pengguna dapat mengirimkan email secara terjadwal seperti pada aplikasi Gmail.

Dengan hadirnya fitur tersebut memungkinkan pengguna agar dapat mengatur jadwal pengiriman e-mail terlebih dahulu dan juga pengguna dapat membatalkannya apabila nanti ada kesalahan yang harus diperbaiki.

Handoff pada FaceTime

Selain pada aplikasi Safari dan juga e-mail, pihak Apple juga ikut membawa fitur baru yang ada pada aplikasi FaceTime di sistem operasi iOS 16 dengan nama Handoff. Dengan adanya fitur tersebut memungkinkan pengguna dapat memindahkan panggilan FaceTime yang sedang berlangsung ke Macbook ataupun iPad secara bersamaan.

Batalkan Pesan yang Sudah Terkirim

Pada sistem operasi iOS 16, fitur baru yang ikut dihadirkan adalah pada aplikasi berbagi pesan iMessage yang bisa membatalkan pesan yang sudah dikirim (unsend). Dengan hadirnya fitur tersebut, pengguna iOS 16 dapat membatalkan pesan yang sudah dikirim sampai 15 menit setelah pesan tersebut dikirimkan.

Mengedit Pesan Yang Sudah Terkirim

Selain dihadirkannya fitur unsend tersebut, aplikasi iMessage pada iOS 16 juga mendapatkan update terbaru yang bisa melakukan edit pesan yang sudah dikirim. Jadi dengan hadirnya fitur tersebut para pengguna dapat mengedit pesan yang sudah dikirim sampai 15 menit setelahnya.

Jadi itulah beberapa fitur baru yang dihadirkan pada sistem operasi iOS 16. Walaupun iOS 16 dan juga beberapa fitur baru yang ada didalamnya telah diumumkan oleh pihak Apple, bukan berarti nanti para pengguna dapat langsung mendapatkan update sistem operasi iOS 16 tersebut untuk sekarang ini.

Hal tersebut karena biasanya pihak Apple bersamaan dengan pengembang akan melakukan proses uji coba terlebih dahulu pada iOS 16 versi beta, dimana para pengembang yang sudah terdaftar pada layanan Apple Developer Program sekarang sudah mulai dapat mencoba sistem operasi iOS 16 versi beta.

Saat nanti sistem operasi iOS 16 sudah berhasil dirilis, para pengguna dapat mendapatkan pembaruan sistem operasi tersebut secara otomatis pada perangkat iPhone yang mereka miliki. Dan yang akan mendapatkan update iOS 16 tersebut mulai dari iPhone 8 sampai iPhone 13 series.

 

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *