Friday , June 14 2024

Fitur Baru Android 14

Fitur Baru Android 14

Fitur Baru Android 14

lebakcyber.net – Fitur Baru Android 14. Rencananya pada bulan Oktober mendatang, sistem operasi Android 14 dengan versi yang stabil diperkirakan akan mulai meluncur ke publik yang juga bersamaan dengan dirilisnya Google Pixel 8. Sistem operasi Android 14 sendiri membawa beberapa fitur baru yang pada sistem operasi Android 13 sempat tertunda.

Salah satu fitur terbaru di Android 14 ternyata merupakan hasil tiruan dari Samsung, yaitu fitur “Maintenance Mode”.

Pada smartphone Samsung sendiri, fitur Maintenance Mode dapat membantu para penggunanya dalam hal mengamankan semua informasi pribadi pada saat smartphone mengalami kerusakan.

Pengguna bisa melakukan pemblokiran pada akses pesan, foto dan juga daftar kontak. Hal tersebut membuat smartphone pengguna walaupun berada ditangan teknisi, data-data tersebut tetap aman dan tidak bisa dibuka.

Di sistem operasi Android sendiri, fitur teresbut diberi nama Reapair Mode. Fitur tersebut dapat diaktifkan pada saat smartphone akan diperbaiki, dan fitur tersebut sudah hadir pada sistem operasi Android 14 versi QPR1 Beta 1.

Walaupun memiliki fungsi yang sama dengan fitur Maintenance Mode milik Samsung, namun teknologi yang dipakai untuk mengamankan data pribadi penggunanya memiliki sedikit perbedaan.

Dikutip dari halaman Android Authority, Minggu (24-09-2023), pihak Google menggunakan sistem Dynamic System Updates (DSU) atau pembaruan sistem dinamis dimana sistem tersebut sudah tersedia sejak sistem operasi Android 10.

DSU sendiri merupakan sebuah fitur yang dapat memungkinkan para penggunanya mendownload Generic System Image (GSI) pada perangkatnya, membuat partisi baru dan melakukan booting.

Pengembang aplikasi atau developer biasanya menjalankan GSI untuk melakukan pengujian pada aplikasi yang mereka buat. Dengan sistem tersebut, perangkat akan menjalankan OS seperti smartphone baru.

Cara kerja tersebut sama dengan Factory Reset, dimana smartphone seolah-olah akan seperti sebuah perangkat baru dan hanya terdapat aplikasi bawaan saja. Namun didalamnya data pengguna telah disembunyikan.

Tujuannya supaya pada teknisi melakukan perbaikan ataupun pengecekan, informasi atau data pribadi dari pengguna tidak akan bisa diakses kecuali setelah fitur Repair Mode dinonaktifkan.

Repair Mode yang ada di sistem operasi Android 14 sendiri sepertinya masih membutuhkan beberapa perbaikan. Dengan adanya fitur tersebut, pengguna sistem operasi Android selain merk Samsung dapt memiliki keamanan yang lebih ketat.

Pembaruan tersebut menunjukan kalau pihak Google berfokus kepada keamanan dan juga kenyamanan data dari para pengguna sistem operasinya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *