Saturday , October 19 2019
Home / Android / Fitur Android 10 Yang Belum Dirilis

Fitur Android 10 Yang Belum Dirilis

foto : PCWorld

Fitur Android 10 Yang Belum Dirilis

lebakcyber.net – Fitur Android 10 yang belum dirilis. Android 10 sudah dirilis sejak awal bulan ini, yaitu tepatnya pada tanggal 3 September 2019 lalu dan sudah sekitar 2 minggu lebih para pengguna Pixel dan juga Essential Phone dapat menikmati update tersebut. Namun tahukah kamu ternyata masih ada banyak fitur yang belum dirilis pada Android 10  sampai saat ini.

Kira-kira fitur apa saja sih yang ada di Android 10 yang sampai sekarang ini belum dirilis, jadi langsung saja kita bahas fitur fiturnya dibawah ini.

Screen Recording

Mungkin fitur ini yang paling banyak di minta oleh para pengguna Android, karena di Andorid 10 pengguna dapat merekam layar tanpa harus menggunakan aplikasi dari pihak ketiga karena sekarang di Android 10 sudah ada perekam layar bawaan.

Advertisements

Namun sayangnya fitur ini masih dalam tahap pengembangan dan belum diketahui kapan akan mulai tersedia di Android 10. Namun kalau dilihat dari status pengembangannya bisa jadi fitur ini akan tersedia dalam waktu beberapa bulan kedepan atau mungkin bisa lebih cepat lagi.

Desktop Mode

Mungkin beberapa pengguna Android sudah tidak asing lagi dengan fitur yang satu ini, karena beberapa perangkat smartphone flagship sudah dapat melakukan hal serupa. Namun pihak Google berencana untuk menghadirkan fitur ini di semua perangkat Android.

Ini tentu saja merupakan satu kabar baik, karena smartphone kamu dapat digunakan seperti PC. Namun ada beberapa isu yang mengganggu kalau nantinya fitur ini tersedia dan dapat digunakan pada semua perangkat Android.

Advertisements

Pertama, tentunya pengalaman pengguna akan berbeda-beda tergantung dari spesifikasi yang dimiliki oleh masing-masing perangkat Android, dan kedua pengguna memerlukan peralatan tambahan seperti dock, keyboard, eksternal monitor dan perangkat lainnya.

Bubbles

Bubbles merupakan fitur yang menarik yang akan ada di Andoid 10 dan sampai sekarang ini fitur Bubbles belum juga dirilis.

Sebagai informasi tambahan, Bubbles ini cara kerjanya mirip dengan aplikasi Messenger Facebook, dimana akan muncul sebuah lingkaran kecil di layar yang begitu berguna. Bubbles dapat melihat pesan, panggilan telepon dan melakukan berbagai hal lainnya. Bahkan pengguna dapat membalas pesan tersebut secara langsung atau membiarkannya.

Live Caption

Live Caption merupakan sebuah fitur yang akan menampilkan semacam caption atau subtitle dari berbagai media yang menampilkan suara, entah itu berupa video, podcast atau semacamnya.

Tentu saja dengan adanya Live Caption ini dapat membuat penonton atau pendengar podcast dapat lebih mudah memahami apa yang diucapkan oleh sumber suara karena terkadang ada beberapa kata yang mirip dan sulit untuk dibedakan.

Berdasarkan informasi yang didapat dari beberapa sumber, fitur Live Caption ini tidak memerlukan koneksi internet untuk penggunaannya, karena pengguna hanya memerlukan semacam data yang memiliki ukuran 800MB pada internal perangkat dan pengguna dapat langsung mengaktifkannya saat audio pada video ataupun podcast dimulai.

Namun sayangnya hanya beberapa perangkat saja yang dapat menikmati fitur ini, karena fitur ini memerlukan spesifikasi hardware khusus. Berdasarkan informasi yang diberikan oleh Google, Live Caption akan tersedia mulai musim gugur ini bersamaan dengan dirilisnya generasi Pixel terbaru.

Mengganti Tema

Bagi kalian yang belum tahu, Android 10 sudah dapat melakukan kustomisasi tema jauh lebih luas jika dibandingkan dengan versi Android sebelumnya. Bukan hanya sekedar merubah tema dari terang ke mode gelap saja, namun pengguna juga dapat mengubah warna pada menu sistem accent, jenis font dan bahkan nantinya Google akan memberikan Pixel semacam tema ekslusif.

Jadi diantara beberapa fitur yang belum dirilis tersebut, mana fitur yang paling kalian tunggu-tunggu untuk hadir pada sistem operasi Android?

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *