Friday , October 18 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Faktor Di Blokir Atau Tidak Facebook di Indonesia

Faktor Di Blokir Atau Tidak Facebook di Indonesia

foto : bgr.in

Faktor Di Blokir Atau Tidak Facebook di Indonesia

lebakcyber.net – Beberapa waktu yang lalu pemerintah Indonesia sempat mengancam akan memblokir Facebook kalau data tambahan yang diminta oleh pemerintah Indonesia tidak diserahkan pada tanggal 26 April 2018. Namun sekarang kita sudah melewati tanggal 26 April, namun jejaring sosial Facebook masih tetap bisa dibuka. Ternyata ada beberapa faktor di blokir atau tidak Facebook di Indonesia.

Berdasarkan informasi yang diberikan oleh Semuel Abrijani selaku Dirjen Aplikasi dan Informatika Kementrian Komunikasi dan Informatika, Facebook masih tetap harus menghadapi proses audit yang dilakukan oleh pemerintah Inggris. Dan sampai proses audit tersebut selesai, pemerintah Indonesia masih belum bisa mengambil tindakan apapun.

Semuel juga mengatakan kalau pihak mereka masih memantau hasil audit yang pemerintah Inggris lakukan dan juga hasil investigasi dari pemerintah Inggris sampai mereka bisa membuka file-file yang dibutuhkan. Sekarang proses audit baru bisa dilakukan di Inggris karena kejadiannya memang terjadi di negara tersebut, bahkan Amerika Serikat saja belum bisa melakukan audit.

Advertisements

Semuel menambahkan kalau pemerintah Indonesia harus menghormati proses hukum yang sedang berjalan tersebut. Sehingga belum ada yang bisa dilakukan sampai proses audit yang dilakukan oleh pemerintahan Inggris selesai. Bahkan pemerintah Indonesia tidak bisa memberikan batas waktu sampai kapan proses audit tersebut harus diselesaikan.

Pihak Facebook sendiri juga tidak bisa menjanjikan kapan hasil audit tersebut akan selesai, karena mereka juga menunggu pemerintah Inggris dan mereka tidak tahu sampai kapan. Pihak Inggris sendiri belum membuka hasil auditnya kepada publik.

Walaupun demikian pemerintah Indonesia sudah pernah melayangkan surat permintaan data tambahan kepada Facebook yang tenggat waktunya sampai tanggal 26 April 2018. Menurut Semuel, pihak Facebook sudah memenuhi permintaan tersebut dan Kominfo cukup puas dengan balasan dari pihak Facebook tersebut.

Advertisements

Kalau proses audit yang dilakukan oleh Pemerintah Inggris sudah selesai, barulah Kominfo bisa melakukan audit untuk data-data pengguna Facebook di Indonesia yang datanya disalahgunakan dan ikut bocor dalam skandal, dan nantinya pihak Kominfo akan mencoba menelusuri ada fenomena apa dibalik bocornya data-data pengguna Facebook di Indonesia tersebut.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Zuckerberg Orang Paling Berbahaya di Dunia

Zuckerberg Orang Paling Berbahaya di Dunia

Zuckerberg Orang Paling Berbahaya di Dunia lebakcyber.net – Zuckerberg orang paling berbahaya di dunia. Pendiri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *