Saturday , July 4 2020
Home » The Lounge » Intermezzo » Fakta Para Pengguna Android di China

Fakta Para Pengguna Android di China

foto : Xiaomi

Fakta Para Pengguna Android di China

lebakcyber.net – China merupakan sebuah negara yang memiliki salah satu populasi manusia terbanyak di dunia. Tentunya dengan banyaknya populasi di Cina, pasti pengguna smartphone di negara tersebut juga banyak. Dan pada kesempatan kali ini lebakcyber akan mengulas informasi mengenai fakta para pengguna Android di China yang akan kita bahas.

Selain memiliki populasi manusia yang tinggi, China juga terkenal sebagai produsen smartphone terbesar di dunia, dan China juga terkenal dengan smartphone dan barang-barang elektronik yang dijual murah, bahkan tidak sedikit juga barang palsu atau replika dari merek-merek smartphone besar.

Tren pengguna smartphone di China sendiri sangat jauh berbeda dengan pengguna smartphone di negara lain, khususnya bagi para pengguna smartphone Android. Bahkan beberapa fakta para pengguna Android di China ini mungkin bisa membuat kamu kaget, jadi langsung saja kita bahas oke.

Advertisements

Xiaomi Menjadi Penguasa Smartphone di China

Fakta Para Pengguna Android di China
foto : Xiaomi

Kalau kamu terbiasa mendengar merk Samsung ataupun Apple sebagai penguasa smartphone terbesar, hal tersebut tidak berlaku di China, karena kedua perusahaan tersebut di China kalah jauh penjualannya dibandingkan dengan Xiaomi.

Selain Xiaomi, masyarakat China juga lebih memilih untuk menggunakan smartphone yang masih berasal dari negaranya sendiri seperti Oppo, Vivo dan Huawei. Bahkan produk Samsung atau Apple hampir tidak ada di negara ini.

Advertisements

Bank Bukan Satu-Satunya Lembaga Keuangan

Fakta Para Pengguna Android di China
foto : cnn.com

Masyarakat China lebih memilih untuk menggunakan layanan pembayaran seperti AliPay, WeChatPay dan juga beberapa perusahaan yang berperan besar bagi kehidupan mereka. Karena cukup dengan menggunakan aplikasi seperti AliPay dan WeChatPay saja sudah cukup bagi mereka untuk melakukan segala hal pembayaran baik itu online ataupun offline.

Pengguna Facebook dan WhatsApp yang Sangat Sedikit

Fakta Para Pengguna Android di China
foto : WeChat

Bukan kabar baru kalau Facebook merupakan salah satu jejaring sosial terbesar didunia dan WhatsApp merupakan aplikasi berbagi pesan yang paling banyak penggunanya, namun hal tersebut tidak berlaku di China. Karena pemerintah China menganjurkan pada rakyatnya untuk berhati-hati kepada dua aplikasi tersebut sebaiknya menggunakan aplikasi alternatif.

Untuk jejaring sosial sendiri, masyarakat China lebih memilih menggunakan QQ daripada Facebook, dan aplikasi berbagi pesan WhatsApp digantikan dengan aplikasi WeChat yang merupakan aplikasi berbagi pesan buatan China. Sebenarnya bukan hanya dua aplikasi Facebook dan WhatsApp saja yang digantikan, ada beberapa jejaring sosial dan juga mesin pencari yang digunakan sebagai alternatif bagi masyarakat China, misalnya Twitter digantikan dengan Weibo dan juga Google digantikan oleh Baidu.

Penggunaan QR Code Sangat Populer

Fakta Para Pengguna Android di China
foto : internet

Penggunaan QR Code merupakan sebuah hal yang umum di negara China, bahkan kode QR code ini sangat penting bagi perekonomian bangsa China. Kenapa demikian? hal tersebut karena hampir semua fasilitas umum yang ada di China sudah menggunakan QR code. Misalnya saja untuk sistem pembayaran, seperti pembayaran bus, transfer uang, membeli makanan dan masih banyak lagi.

Pengguna Kartu Kredit Sangat Jarang

Fakta Para Pengguna Android di China
foto : hdfc bank

Hampir semua pembayaran di China menggunakan sistem QR code, mungkin hal tersebutlah yang membuat pengguna kartu kredit sangat jarang di negeri tirai bambu tersebut. Bagi masyarakat China sendiri penggunaan smartphone merupakan sebuah benda yang wajib dimiliki, karena hanya dengan menggunakan smartphone kamu sudah bisa membayar tiket bus, membeli makanan atau minuman di vending machine bahkan untuk membayar jalan tol sekalipun.

Oke jadi itulah fakta para pengguna Android di China yang mungkin baru kamu ketahui, perkembangan teknologi di China jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan perkembangan teknologi di negara-negara maju Asia lainnya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *