Tuesday , June 2 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Facebook Rilis Fitur Video Call di Messenger

Facebook Rilis Fitur Video Call di Messenger

foto : Facebook

Facebook Rilis Fitur Video Call di Messenger

lebakcyber.net – Facebook rilis fitur video call di Messenger. Pihak Facebook sepertinya semakin berupaya untuk meningkatkan layanan video call pada aplikasi Messenger miliknya. Raksasa media sosial tersebut baru-baru ini menambahkan fitur bari yang dikabarkan memiliki kemampuan yang mirip dengan aplikasi Zoom.

Dilansir dari halaman The Verge, Sabtu (25/04/2020), fitur baru tersebut diberi nama Messenger Rooms. Seperti namanya, fitur tersebut bisa memungkinkan para pengguna Messenger agar saling terhubung secara virtual dengan jumlah partisipan mencapai 50 orang.

Facebook juga memungkinkan para kreator agar dapat mengatur apakah Rooms tersebut bisa diakses secara terbuka atau membatasi partisipan dengan undangan. Kreator Rooms juga bisa mengeluarkan partisipan yang dianggap mengganggu video call yang sedang berjalan.

Advertisements

Bukan itu saja, Facebook juga memberikan fitur kanal pelaporan untuk tindakan terlangan yang terjadi didalam Rooms. Dimana nantinya untuk mengakses fitur tersebut, kreator bisa memulainya dari aplikasi Facebook ataupun Messenger.

Setelah Rooms dibuat, Rooms tersebut bisa diakses melalui WhatsApp, Instagram Direct ataupun Portal. Bagi para pengguna yang ingin ikut bergabung juga tidak harus memiliki akun Facebook terlebih dahulu.

Advertisements

Para pengguna yang sudah tergabung didalam Rooms juga bisa memanfaatkan filter Augmented Reality atau juga mengganti background saat video call berlangsung. Walaupun belum menggunakan teknologi enkripsi end to end, pihak Facebook mengatakan kalau mereka tidak memantau percakapan yang dilakukan pada Rooms.

Sebagai informasi tambahan, Facebook juga sekarang ini memang sedang meningkatkan layanan video pada hampir semua lini produknya seperti di Instagram dan juga aplikasi berbagi pesan WhatsApp.

Pihak Facebook juga sudah memberikan informasi bahwa mereka sudah menambah daftar orang yang bisa bergabung pada video call di WhatsApp, dan juga ada fitur video calls pada aplikasi Facebook Dating termasuk fitur baru di Instagram, yaitu live streaming.

Facebook juga mengakui bahwa trafik pengguna video call yang ada di platform miliknya mengalami peningkatan semenjak wabah virus corona ada. Hal tersebut diakui langsung oleh Mark Zuckerberg yang tidak lain adalah CEO dari Facebook.

Berdasarkan data yang dibagikan Facebook bulan lalu, peningkatan trafik group video call tersebut yang menggunakan Facebook Messenger mencapai lebih dari 70%. Dan waktu yang digunakan oleh pengguna saat berada pada video call meningkat sebanyak 2 kali lipat secara global.

Dikutip dari halaman CNET, pengguna fitur video call dan juga voice call di WhatsApp ikut mengalami peningkatan sebanyak 2 kali lipat jika dibandingkan tahun lalu, apalagi saat virus corona merebak di seluruh dunia.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Zuckerberg Ingatkan Ancaman China didunia Internet

Zuckerberg Ingatkan Ancaman China didunia Internet

Zuckerberg Ingatkan Ancaman China didunia Internet lebakcyber.net – Zuckerberg ingatkan ancaman China didunia internet. Mark …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *