Monday , September 28 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Facebook Rilis Fitur Campus

Facebook Rilis Fitur Campus

foto : Facebook

Facebook Rilis Fitur Campus

lebakcyber.net – Facebook rilis fitur Campus. Buat kalian yang pernah melihat film The Social Network pasti tahu bagaimana awalnya Mark Zuckerberg membuat jejaring sosial Facebook.

Film yang diangkat dari peristiwa nyata bagaimana lahirnya jejaring sosial Facebook tersebut bercerita tentang bagiamana Zuckerberg membuat sebuah platform agar dapat terhubung dengan teman-teman yang ada di kampusnya.

Versi asli dari Facebook tersebut sekarang lahir kembali dengan diberi nama baru, yaitu Campus.

Advertisements

Pihak Facebook sendiri baru saja merilis Campus yang ditujukan kepada para mahasiswa dimana para mahasiswa tersebut bisa saling bertukar informasi atau kabar dengan teman-teman yang ada dikampusnya.

Campus sendiri merupakan salah satu seksi yang ada pada platform utama Facebook. Di Campus tersebut para pengguna bisa bergabung dan juga mengakses News Feed khusus mengenai kampus, acara kampus, bergabung kedalam grup, konser online dan lain sebagainya.

Advertisements

Para pengguna bisa mencari teman-teman satu kampusnya melalui menu Campus Directory. Dan syarat khusus agar bisa bergabung ke Campus adalah pengguna harus memberikan alamat dari email kampus dan juga tahun angkatan mereka masing-masing.

Setelah berhasil masuk, pengguna akan dibuatkan sebuah akun profil baru yang khusus untuk Campus. Selanjutnya, pengguna dapat menambahkan ataupun menghapus akun teman-teman satu kampus, baik yang sekelas, kakak tingkat, adik tingkat, teman asrama dan sebagainya.

Sama seperti Facebook, semakin banyak informasi yang pengguna tambahkan kedalam platform Campus, maka semakin mudah juga pengguna bisa menemukan teman yang memiliki kemiripan yang sama.

Charmaine selaku Product Manager Campus mengatakan kalau timnya akan menambahkan profil yang terpisah karena tidak menutup kemungkinan kalau mahasiswa tidak ingin membagikan informasi pendidikan mereka pada profil publik yang mereka miliki.

Untuk sekarang ini, Campus baru diluncurkan untuk 30 universitas yang ada di Amerika Serikat, salah satunya adalah John Hopkins, Vassar, University of Louisville dan juga Virginia Tech. Dan hanya pengguna yang terdaftar disatu universitas saja yang dapat saling melakukan komunikasi.

Profil Facebook Terpisah Dari Campus

Walaupun profil utama Facebook terpisah dari fitur Campus, kalau ada mahasiswa yang memblokir pengguna lainnya di Facebook, pengaturan tersebut juga akan muncul pada Campus, begitu juga sebaliknya.

Dan begitu juga bagi pengguna yang melanggar ketentuan yang diberikan oleh Facebook tidak akan dapat bergabung di Campus.

Kalau sudah wisuda, alumni masih dapat bergabung di Campus. Tapi mereka akan mendapatkan sebuah notifikasi dari Facebook yang berisi himbauan kepada wisudawan agar meninggalkan platform Campus.

Dikutip dari halaman The Verge, Sabtu (12/09/2020), platform Campus kemungkinan akan menjadi alternatif Facebook agar anak-anak muda serta mahasiswa masih tetap bertahan untuk menggunakan Facebook.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Sekarang Forward Pesan di Messenger Dibatasi

Sekarang Forward Pesan di Messenger Dibatasi

Sekarang Forward Pesan di Messenger Dibatasi lebakcyber.net – Sekarang forward pesan di Messenger dibatasi. Aplikasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *