Tuesday , November 19 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Facebook Kehilangan Jutaan Pengguna

Facebook Kehilangan Jutaan Pengguna

foto : Tribun News

Facebook Kehilangan Jutaan Pengguna

lebakcyber.net – Dua tahun belakangan ini Facebook mengalami berbagai masalah. Mulai dari masalah keamanan data pribadi para penggunanya, iklan yang bermasalah sampai ke penyebaran hoax. Dan mungkin hal tersebutlah yang membuat Facebook kehilangan jutaan pengguna setiap tahunnya.

Tidak mengejutkan kalau banyak pengguna Facebook yang meninggalkan platform sosial media yang dibuat oleh Mark Zuckerberg tersebut.

Berdasarkan laporan terbaru dari Edison Research, ada jutaan pengguna Facebook yang berhenti menggunakan Facebook dengan berbagai rentang usia.

Advertisements

Pengguna yang berusia antara 12 – 34 tahun dilaporkan mengalami penurunan yang stabil, sementara itu usia antara 35 – 54 tahun terlihat tidak begitu mengalami penurunan dan uniknya jumlah pengguna yang berusia 55 tahun keatas justru semakin meningkat.

Seperti yang dikutip pada halaman Android Authority, kalau dihitung berdasarkan jumlahnya, jumlah pengguna Facebook diperkirakan mengalami penurunan sampai 15 juta pengguna.

Angka tersebut menunjukan ada sekitar enam persen populasi di Amerika Serikat yang menutup permanen akun Facebook mereka dalam waktu dua tahun terakhir ini.

Namun itu bukanlah hal yang buruk bagi Facebook. Karena banyak orang yang pindah dari Facebook ke platform media sosial lain seperti Instagram, Pinterest, Twitter dan Snapchat.

Instagram sendiri menjadi media sosial yang berada dalam grup Facebook. Berdasarkan data penelitian yang dikeluarkan oleh Edison Research, pada tahun 2015 jumlah pengguna Facebook di Amerika Serikat dengan usia diatas 12 tahun mencapai angka 65 juta.

Advertisements

Angka tersebut terus menurun pada tahun 2016 menjadi 62 juta pengguna, 2017 mencapai 62 juta pengguna dan pada tahun 2018 sampai 57 juta pengguna sampai pada tahun 2019 menurun jadi 52 juta pengguna.

Walaupun begitu jumlah pengguna Instagram mengalami kenaikan seiring dengan menurunnya pengguna Facebook. Sebagai perbandingan, pengguna Instagram yang berusia diatas 12 tahun pada tahun 2015 sebesar 7 juta pengguna.

Sementara pada tahun 2019, jumlah pengguna Instagram di Amerika Serikat naik menjadi 16 juta pengguna. Sedangkan pengguna Snapchat 13 juta, Twitter naik menjadi 5 juta pengguna dan Pinterest 5 juta pengguna.

Pertumbuhan pengguna Instagram memang dapat dikatakan sangat mengesankan selama beberapa tahun terakhir ini. Sehingga dapat dikatakan kalau kenaikan jumlah pengguna Instagram sudah menebus beberapa kerugian di Facebook. Pendapatan dari iklan juga bisa bergerak bolak balik antara kedua media sosial tersebut.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Facebook Mulai Coba Sembunyikan Jumlah Like

Facebook Mulai Coba Sembunyikan Jumlah Like

Facebook Mulai Coba Sembunyikan Jumlah Like lebakcyber.net – Facebook mulai coba sembunyikan jumlah like. Rencana …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *