Saturday , October 19 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Facebook Hapus Ratusan Akun Saracen di Indonesia

Facebook Hapus Ratusan Akun Saracen di Indonesia

foto : Josh Edelson / AFP

Facebook Hapus Ratusan Akun Saracen di Indonesia

lebakcyber.net – Banyak beredarnya berita palsu atau hoax yang ada di Indonesia yang disebarkan melalui jejaring sosial Facebook membuat media sosial terbesar di dunia ini mengambil langkah tegas. Facebook hapus ratusan akun saracen di Indonesia, selain menghapus akun saracen di Facebook, kabarnya Facebook juga akan menghapus akun yang menyebarkan berita palsu di Instagram.

Berdasarkan keterangan Facebook, semua halaman dan juga akun tersebut memiliki keterikatan dengan kelompok Saracen. Saracen sendiri merupakan kelompok yang menggunakan ribuan akun media sosial untuk menyebarkan kebencia dan juga berita hoax.

Facebook melihat, baik itu di halaman, group ataupun akun tersebut menyebarkan berita yang merujuk kepada kelompok Saracen.

Advertisements

Secara keseluruhan ada 207 halaman, 800 akun Facebook, 208 akun Instagram dan 800 akun untuk Facebook yang dihapus, termasuk salah satunya adalah akun milik Permadi Arya atau yang lebih dikenal dengan sebutan Abu Janda.

Nathaniel Gleicher selaku Head of Cybersecurity Policy melalui keterangan resminya mengatakan seluruh halaman, akun dan grup tersebut memiliki hubungan dengan Saracen-grup sindikasi online di Indonesia.

Penyalahgunaan platform yang dilakukan oleh kelompok Saracen dengan menggunakan akun yang tidak otentik adalah merupakan suatu pelanggaran terhadap kebijakan mereka, oleh karena itu pihaknya sudah menghapus seluruh jaringan organisasi dari platform tersebut.

Advertisements

Dikutip dari halaman Newsroom Facebook, menurut pihak Facebook seluruh halaman, akun dan juga grup tersebut dihapus karena pola dan juga perilaku mereka, bukan karena konten yang diposting melalui akunnya.

Menurut Facebook, setidaknya ada sekitar 170 ribu orang yang mengikuti satu dari halaman Facebook tersebut, dan ada lebih dari 65 ribu orang mengikuti setidaknya salah satu dari akun Instagram tersebut.

Namun pihak Facebook tidak memberikan daftar lengkap mengenai halaman, grup dan akun apa saja yang mereka hapus.

Melalui halaman resminya mereka hanya memberikan beberapa contoh halaman dan juga grup yang dimusnahkan terkait akun penyebar hoax tersebut.

Berikut ini adalah beberapa contoh halaman dan grup yang dihapus oleh Facebook :

  • Permadi Arya (halaman)
  • Kata Warga (halaman)
  • Darknet ID (halaman)
  • Berita hari ini (Grup)
  • ac milan indo (Grup)

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Zuckerberg Orang Paling Berbahaya di Dunia

Zuckerberg Orang Paling Berbahaya di Dunia

Zuckerberg Orang Paling Berbahaya di Dunia lebakcyber.net – Zuckerberg orang paling berbahaya di dunia. Pendiri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *