Monday , June 17 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Facebook dan Instagram Blokir Pengguna Dibawah Usia 13 Tahun

Facebook dan Instagram Blokir Pengguna Dibawah Usia 13 Tahun

foto : huffington post

Facebook dan Instagram Blokir Pengguna Dibawah Usia 13 Tahun

lebakcyber.net – Facebook dan juga Instagram akan lebih proaktif dalam membatasi usia penggunanya. Facebook dan Instagram blokir pengguna dibawah usia 13 tahun karena hal tersebut secara teknis sesuai dengan kebijakan Facebook.

Selama ini ada pengulas akun yang ditegaskan oleh Facebook untuk mengonfirmasi usia dari penggunanya bahwa usia pengguna yang baru saja membuat akun di Facebook minimal berusia 13 tahun.

Dalam kebijakan operasional yang baru ini, Facebook akan benar-benar menindak para penggunanya yang masih berusia dibawah 13 tahun dengan alasan apapun, pengulas memiliki hak untuk mengunci atau memblokir para akun Facebook yang usianya dibawah 13 tahun.

Kalau akun yang diblokir tadi merasa usia mereka sudah 13 tahun atau lebih tua, mereka baru bisa membuka akunnya kembali. Syaratnya mereka harus menunjukan kartu identitas resmi untuk membuktikan bahwa usia mereka memang sudah 13 tahun dan sudah layak untuk memiliki akun Facebook dan Instagram.

Perubahan tersebut dilakukan setelah beredar dokumenter dari kantor berita Inggris, channel 4 yang berjudul “Inside Facebook : Secret of The Social Network”.

Dokumenter tersebut menceritakan mengenai salah satu jurnalis dari channel 4 yang menyamar dan mengikuti training menjadi pengulas Facebook melalui pihak ketiga yang bernama CPL yang memiliki kantor di Dublin, Irlandia.

Yang menjadi sorotan disana adalah, para pengulas yang memang ditugaskan untuk membantu menghapus konten negatif dan juga yang bertentangan dengan aturan Facebook ternyata tidak sepenuhnya menjalankannya.

Dalam salah satu cuplikan dari dokumenter tersebut, seorang moderator menerangkan bahwa pengulas tidak harus menghapus konten meme yang bernada rasisme dan juga kekerasan, yang mana sebenarnya bertentangan dengan kebijakan Facebook.

Moderator juga dilatih dan diberikan perintah agar mengabaikan para pengguna yang usianya dibawah 13 tahun kecuali akun tersebut mengakui kalau mereka sudah berusia 13 tahun.

Karena program tersebut, pihak Facebook akhirnya bekerja keras untuk memperbarui pedoman bagi para pengulas untuk menahan akun apapun yang mereka temui kalau mereka memiliki indikasi kuat bahwa akun tersebut berusia dibawah 13 tahun, bahkan kalau laporan atas akun tersebut untuk hal lain.

Juru bicara Facebook juga menegaskan bahwa pelatihan untuk para pengulas tersebut memiliki tujuan untuk menegakan kebijakan usia pengguna Facebook dan Instagram.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *