Wednesday , August 5 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Epic Umumkan Unreal Engine 5

Epic Umumkan Unreal Engine 5

foto : Unreal Engine

Epic Umumkan Unreal Engine 5

lebakcyber.net – Epic Umumkan Unreal Engine 5. Pihak Epic akhirnya mengumumkan penerus dari game engine miliknya, yaitu Unreal Engine 5. Informasi tersebut juga menjadi ajang bagi Epic untuk dapat memamerkan demo dari game engine tersebut pada konsol Play Station 5.

Tim Sweeney selaku CEO dari Epic mengatakan bahwa tujuan mereka bukan hanya untuk membawa fitur yang lebih banyak yang ditujukan kepada para pengembang. Namun masalah terbesar dari pengembangan game sekarang ini adalah saat membangun game yang berkualitas tinggi membutuhkan biaya dan juga banyak waktu. Jadi mereka ingin membuat hidup para pengembang game tersebut agar lebih produktif dan juga mudah.

Epic sendiri memberikan demo dengan hasil yang sangat mengesankan. Hasilnya menunjukan kalau kualitas visual, pencahayaan dan juga detail yang sangat baik. Sebelumnya pihak Epic juga sudah pernah berjanji akan memberikan dukungan terhadap pencahayaan dan juga detail yang lebih baik pada mesin game terbarunya tersebut.

Advertisements

Epic memperkenalkan dua teknologi baru pada UE5, yaitu Nanite dan juga Lumen. Nanite sendiri adalah sebuah tool yang mampu memvisualisasikan geometri. Artinya tool Nanite tersebut akan mampu secara otomatis menghasilkan geometri sejauh mata memandang didalam game. Tool tersebut juga memungkinkan para pengembangnya untuk dapat membedakan geometri berdasarkan aset sumbernya.

Epic juga mengatakan kalau sumber yang setara dengan kualitas film yang terdiri dari ratusan bahkan sampai milyaran poligon yang dapat diimpor langsung kedalam mesin Unreal Engine mereka, entah itu ZBrush sampai pemindaian fotogrametri bahkan data CAD sekalipun.

Advertisements

Tool Nanite tersebut nantinya akan menangani masalah aliran data dan juga penskalaan secara real time tanpa harus kehilangan kualitas yang dimilikinya. Singkatnya hal tersebut akan menjadi sebuah aset untuk para pengembang agar bisa menyajikan lingkungan game dengan detail yang tinggi dan juga bisa dibuat hanya dengan waktu yang lebih sedikit dan juga sumber daya yang minimal.

Sementara Lumen toole merupakan pencahayaan dinamis yang baru saja dihadirkan oleh pihak Epic. Dikutip dari halaman The Verge, pihak Epic memberikan informasi bahwa tool tersebut mampu bekerja secara real time agar pengembang game dengan grafis animasi dan juga produksi film berkualitas tinggi.

Namun sayangnya pihak Epic belum akan merilis UE5 tersebut sampai akhir tahun depan. Dan untuk sekarang ini hanya sekedar preview dan nantinya akan diluncurkan secara penuh menjelang tahun 2021 nanti. Pihak Epic juga mengatakan bahwa pengembangan yang sudah menggunakan Unreal Engine 4 masih akan dapat melakukan transisi ke versi Unreal Engine 5 dengan sangat mudah.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *