Thursday , November 21 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Edward Snowden Buat Aplikasi Android

Edward Snowden Buat Aplikasi Android

foto : cnn.com

Edward Snowden Buat Aplikasi Android

lebakcyber.net – Edward Snowden adalah seorang mantan pegawai Badan Kemanan Nasional Amerika Serikat (NSA) yang sekarang sedang menjadi buronan Amerika Serikat. Snowden buat aplikasi Android dengan nama Haven yang memungkinkan smartphone Android kamu menjadi Mata-mata untuk melawan pembajakan.

Untuk penggunaan aplikasi android buatan Snowden tersebut sama halnya seperti sistem pengawasan atau Surveillance System, menggunakan perekam audio, kamera pada smartphone dan juga sensor akselerometer agar bisa mendeteksi pergerakan mencurigakan dari oknum-oknum jahil.

Misalnya saat kamu meletekkan smartphone Android dan mengaktifkan Haven lalu menaruhnya disamping laptop kamu yang banyak berisi data penting dan ada seseorang yang mendekati laptop tersebut dan mencoba untuk meretasnya, maka Haven akan secara otomatis mendeteksi gerakan, mengambil gambar dan juga merekam audionya. Selanjutnya bukti bukti tersebut akan dikirim melalui SMS, aplikasi pesan singkat “Signal” atau situs berbasis Tor.

Advertisements

Dalam mengembangkan Haven, Snowden tidak bekerja sendirian, dia bekerjasama dengan komunitas yang sama-sama peduli dengan keamanan privasi yaitu The Guardian Project dan Freedom of The Press.

Mereka saling bekerjasama karena ingin agar smartphone Android bisa menjadi perpanjangan mata dan telinga masyarakat untuk menjaga barang-barang berharga yang mereka miliki.

Secara khusus aplikasi Haven memang didesain untuk lebih mengarahkan kepada pencegahan pembajakan yang dilakukan secara langsung. Edward Snowden dan timnya sangat menyadari bahwa perangkat teknologi yang memiliki sistem enkripsi yang kuat akan tetap menjadi lemah jika peretasan dilakukan secara fisik.

Seorang anggota Freedom of the Press yang juga membantu Snowden dalam pengujian Haven mengatakan bahwa aplikasi tersebut masih jauh dari kata sempurna. Tantangan seperti akses internet yang konstan untuk notifikasi, mengurangi false alarm dan juga menjaga agar penggunaan baterai tidak terlalu boros menjadi tantangan tersendiri dalam mengembangkan Haven.

Haven merupakan aplikasi yang bersifat Open Source, artinya kamu juga bisa ikut mengembangkan Haven jika tertarik agar aplikasi tersebut menjadi lebih baik lagi, dan untuk kalian yang ingin mecoba Haven bisa mendownload secara gratis di Play Store.

Advertisements

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

10 Informasi NSA Yang Dibocorkan Edward Snowden

10 Informasi NSA Yang Dibocorkan Edward Snowden

10 Informasi NSA Yang Dibocorkan Edward Snowden lebakcyber.net – Pada tahun 2014 lalu, nama Edward …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *