Wednesday , February 21 2024

Distro Linux Untuk Gaming

Distro Linux Untuk Gaming

lebakcyber.net – Distro Linux Untuk Gaming. Sistem operasi Windows memang menjadi OS yang sering menjadi pilihan untuk memainkan game, namun sistem operasi Linux juga sebenarnya dapat kita gunakan sebagai pilihan OS yang dapat digunakan untuk memainkan berbagai jenis game dengan menggunakan aplikasi seperti Proton atau Wine.

Ada beberapa distro Linux yang bisa menjadi pilihan para gamer untuk bisa memenuhi kebutuhan mereka agar dapat memainkan game di PC. Dan berikut ini telah kami rangkum distro Linux yang dapat dipilih untuk bisa memainkan game favorit teman-teman, mulai dari emulator dari game jadul sampai ke game dengan rating AAA yang sekarang banyak beredar.

Game Apa yang Bisa Berjalan di Linux?

Hampir setiap judul game yang beredar di pasaran dapat berjalan pada sistem operasi Windows, namun jangan berkecil hati dulu, karena dengan menggunakan aplikasi Proton yang merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan untuk menjalankan game yang berjalan pada sistem operasi Windows agar bisa dimainkan pada sistem operasi Linux.

Advertisements

Distro Linux Terbaik Untuk Gaming

Untuk memilih distro linux yang ingin digunakan untuk bisa memainkan game, kita harus mengetahui terlebih dahulu berdasarkan kebutuhannya dan juga kemampuan dari distro Linux itu sendiri untuk menghandle perangkat keras seperti kartu grafis.

Distro Linux Terbaik Untuk Gamers Hardcore: Kubuntu & Garuda

Distro Linux Untuk Gaming

Distro Linux Garuda mendapat julukan “Linux Untuk Gaming” dengan sangat serius. Bukan hanya karena memiliki kernel yang sudah di optimasi untuk hardware berperforma tinggi, namun distro ini juga menawarkan aplikasi yang berorientasi pada game seperti OpenRGB dan Steam pada saat proses instalasi dilakukan.

Sedangkan distro Linux Kubuntu memang tidak difokuskan pada gaming, namun distro ini menggunakan KDE yang membuatnya bisa di kustomisasi dengan mudah dan merupakan turunan dari distro Ubuntu. Dengan begitu teman-teman memiliki kesempatan lebih besar dalam hal support hardware dan juga komunitas yang besar yang bisa membantu setiap pertanyaan dan masalah yang dihadapi.

Advertisements

Distro Linux Terbaik Untuk Support Hardware: Pop!_OS

Distro Linux Untuk Gaming

Mungkin distro Linux Pop!_OS mungkin tidak sepopuler seperti kebanyakan distro linux lainnya, namun distro ini memiliki keuntungan yang di maintenance oleh System76 yang merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi komputer berbasis Linux. Bukan itu saja, System76 juga memberikan penawaran untuk tingkat pemula hingga model kelas atas, yang juga cocok untuk bermain game.

Linux Untuk Emulator dan Game Retro: Batocera, RetroPie dan Lakka

Distro Linux Untuk Gaming

Teman-teman mungkin tidak menginginkan mesin arcade berukuran besar, tetapi bukan berarti teman-teman tidak bisa memainkan game klasik yang saat kecil sering dimainkan. Untuk itulah  Batocera, Lakka, dan RetroPie bisa menjadi beberapa contoh distro Linux permainan yang dibuat khusus untuk judul-judul game retro dan emulator.

Antarmuka dari Batocera bisa memberikan seperti konsol dari tahun 1980-an dan 1990-an, meskipun ada tema yang bisa dipilih sesuai dengan selera.

Sedangkan Lakka menggunakan tampilan yang lebih minimalis jika dibandingkan dengan Batocera, seperti CellOS milik PS3 namun dengan desain Material milik Android.

Untuk RetroPie sendiri menggunakan menu berbasis teks yang jauh lebih sederhana, yang bisa  bekerja dengan baik pada layar yang lebih besar, tapi lebih cocok digunakan untuk layar kecil, seperti yang ada di konsol portabel. Mengingat aplikasi ini dibuat terutama untuk Raspberry Pi, hal ini bahkan bisa menjadi insentif untuk proyek DIY.

Jadi itulah beberapa distro linux yang bisa teman-teman pilih jika ingin mencoba untuk memainkan game pada sistem operasi Linux. Jadi jangan beranggapan kalau sistem operasi Linux tidak dapat menjalankan sebuah game, dengan sedikit konfigurasi dan pengaturan, teman-teman bisa memainkan game kesukaan teman-teman pada sistem operasi Linux. Selamat mencoba.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *