Sunday , December 16 2018
Home / The Lounge / Sisi Gelap Internet / Dimana Edward Snowden Saat Piala Dunia Berlangsung

Dimana Edward Snowden Saat Piala Dunia Berlangsung

foto : eventkampus.com

Dimana Edward Snowden Saat Piala Dunia Berlangsung

lebakcyber.net – Sudah lima tahun semenjak Edward Snowden meninggalkan Amerika Serikat dan memutuskan untuk tinggal di Rusia setelah mendapatkan suaka di negara tersebut. Pertanyaannya sekarang adalah, dimana Edward Snowden saat piala dunia berlangsung tersebut?

Pindahnya Snowden ke Rusia karena perbuatannya yang sudah melakukan pencurian dan juga membocorkan informasi yang dimiliki oleh National Security Agency (NSA) yang merupakan salah satu badan intelijen AS pada tahun 2013 lalu.

Saat pertama kali datang ke Rusia, tepatnya di bandara Moskow, keberadaan Snowden sendiri sudah dirahasiakan. Hal tersebut juga tetap dipertahankan separuh dekade setelah dia tinggal disana.

Walaupun begitu, Snowden masih cukup aktif di media sosial. Salah satunya adalah sat Snowden memberikan kritik atas terpilihnya kembali Vladimir Putin sebagai presiden pada pemilihan umum bulan Maret lalu. Selain itu dirinya juga mencerca kebijakan pemerintah Rusia dalam hal membatasi kebebasan berpendapat.

Hal tersebut menimbulkan rumor kalau dirinya dikirim ke Perm, sebuah kota di dekat Pegunungan Ural dimana kawasan tersebut terkenal sebagai penjara di era Uni Soviet. Yang membuat menarik adalah unggahan dari pacar Snowden, Lindsay Mills yang secara tidak langsung memperkuat kebenaran dari informasi tersebut.

Lindsay memposting sebuah foto di akun Instagramnya yang menampakan dirinya sedang mencium bunga lilac. Dimana tanaman tersebut diketahui sudah berhenti bermekaran di Moskow sejak tiga minggu lalu. Namun berbeda di Pegunungan Ural dan Siberia, bunga Lillca masih bermekaran sampai saat ini.

Kalau menarik mundur waktu kebelakang, sebenarnya Snowden sendiri tidak terlalu berharap banyak mengenai kehidupannya di Rusia. Dirinya sempat memprediksi bahwa hidupnya akan berakhir dengan membosankan, sendirian, terisolasi, sampai kecanduan alkohol.

Walaupun begitu, tahun-tahun awal hidupnya di Rusia sepertinya tidak seburuk prediksinya, ia sering tertangkap kamera sedang menjalani kesehariannya di Moskow dengan normal, seperti belanja di pasar swalayan sampai pergi ke teater.

Pada tahun 2016, Lindsay sempat mengupload dirinya bersama dengan Snowden di sebuah kapal. Selain itu, ada juga potret keduanya yang sedang makan disebuah restoran makanan cepat saji.

Saat ini Rusia sedang menggelar acara Piala Dunia, sehingga seluruh saluran televisi pastinya akan tetap fokus pada acara besar tersebut sehingga memperkecil kemungkinan munculnya pria berusai 35 tahun tersebut di layar kaca.

Dengan izin tinggalnya di Rusia yang masih berlaku sampai 2020 mendatang, masih menjadi misteri bagaimana Snowden akan menghabiskan waktunya dua tahun kedepan lagi di Rusia. Lindsay juga saat ini sepertinya sedang berusaha menjaga kerahasiaan mengenai lokasi dari kekasihnya tersebut walaupun tetap mengupload konten di media sosial miliknya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *