Friday , October 18 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Daya Tarik iPhone Semakin Menurun

Daya Tarik iPhone Semakin Menurun

foto : internet

Daya Tarik iPhone Semakin Menurun

lebakcyber.net – Sejak tahun 2017 lalu sejak pertama kali iPhone diperkenalkan, Apple selalu merilis iPhone terbaru dengan sejumlah perubahan. Setiap tahunnya Apple secara rutin menambahkan fitur baru kepada iPhone yang banyak dinanti oleh para penggunanya. Namun sayangnya daya tarik iPhone semakin menurun dikalangan penggunanya, kenapa hal tersebut bisa terjadi?

Fitur-fitur yang dihadirkan iPhone seringkali membuat perbedaan antara iPhone dan Android, dan membuat iPhone seakan-akan lebih unggul jika dibandingkan dengan smartphone Android lainnya.

Misalnya saja saat Apple menambahkan fitur sidik jari pada iPhone 5S yang membuat smartphone tersebut sangat laris dipasaran sekaligus mencetuskan tren fingerprint scanner.

Advertisements

Tapi seiring berjalannya waktu, daya  tarik iPhone semakin meurun, hal tersebut terungkap berdasarkan sebuah catatan yang dibuat oleh para analis dari lembaga riset Citi Research Innovation Lab.

Melalui sebuah grafik pada catatan tersebut, para analis dari Citi Research Innovation Lab. memperlihatkan kondisi dimana terjadi penurunan angka ketertarikan kosumen terhadap iPhone. Grafik tersebut dibuat dari sebuah penelitian berdasarkan jumlah pencarian di Google.

Daya Tarik iPhone Semakin Menurun
foto : Citi Research

Dari grafik lansiran Citi Research, terlihat indeks ketertarikan masyarakat memang semakin menyusut terhadap produk iPhone. Angka tertinggi diperoleh ketika iPhone 5 pertama kali diluncurkan. Namun kemudian menyusut tajam pada iPhone 5s.

Advertisements

Ketertarikan masyarakat mulai pulih ketika iPhone 6 dan 6 Plus dirilis. Namun kembali turun saat iPhone 7 dan 7 Plus diperkenalkan pada 2016.

Dirilisnya iPhone  dan iPhone 8 Plus sempat membuat angka indeks ketertarikan masyarakat terhadap iPhone menjadi terdongkrak. Walaupun demikian angka tersebut tidak lebih besar dari yang tercatat pada iPhone 6 dan 6 Plus.

Yang paling rendah adalah pada versi iPhone yang dirilis tahun 2018 ini. Bahkan angka indeks ketiga versi iPhone terbaru tersebut tidak dapat melampaui angka iPhone 6S dan iPhone 6S Plus.

Menurut Citi Research, grafik di atas terjadi karena setiap tahun iPhone dianggap semakin minim inovasi. Dampaknya, pasar semakin lesu dan tidak begitu tertarik dengan apa yang ditawarkan Apple pada iPhone.

“Kami menduga kondisi tersebut terjadi karena melambatnya inovasi dan pasar mulai jenuh. Kami percaya hal ini menunjukkan bahwa antusiasme publik makin menurun untuk setiap generasi iPhone terbaru,” tulis para peneliti.

“Kami mengamati ada lonjakan signifikan untuk angka pencarian setelah event peluncuran (iPhone baru). Namun kemudian terus meredup,” imbuh mereka.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Produk Apple Yang Pernah di Desain Jony Ive

Produk Apple Yang Pernah di Desain Jony Ive

Produk Apple Yang Pernah di Desain Jony Ive lebakcyber.net – Produk Apple yang pernah di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *