Wednesday , February 21 2024

Data Dukcapil Kemendagri Bocor

Data Dukcapil Kemendagri Bocor

Data Dukcapil Kemendagri Bocor

lebakcyber.net – Data Dukcapil Kemendagri Bocor. Kasus kebocoran data sepertinya kembali terjadi lagi. Belum lama ini masih hangat mengenai kasus 34 juta data paspor dari warga negara Indonesia yang diduga bocor, sekarang ada sebanyak 337 juta data dari dukcapil kemendagri atau Kementerian Dalam Negeri yang dikabarkan bocor.

Informasi tersebut diungkapkan oleh Teguh Aprianto yang merupakan pendiri dari Ethical Hacker Indonesia melalui akun Twitter miliknya.

Dalam postingan di Twitternya tersebut, Teguh menuliskan kalau kali ini kebocoran data miliki Dukcapil yang diperkirakan sebanyak 337 juta data.

Advertisements

Teguh juga menyampaikan bahwa data yang dipastikan bocor tersebut bisa dibilang sangat lengkap, karena mencakup NIK, Nama, Nomor KK, alamat, tanggal lahir, nama ibu, nama ayah, NIK Ibu, NIK Ayah, nomor akta lahir dan juga akta nikah dan lainnya.

Teguh sendiri memberikan kritik kepada lembaga pemerintah, khususnya kepada Badan Siber dan Sandi Negara atau BSSN serta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang tidak memberikan informasi secara transparan setiap kali adanya kasus mengenai kebocoran data atau informasi yang terjadi di Indonesia.

Teguh juga menambahkan kalau data yang bocor tersebut merupakan data publik dan yang menanggung kerugiannya adalah masyarakat Indonesia sendiri. Bahkan rekomendasi saja tidak pernah diberikan sama sekali.

Advertisements

Kebocoran data Dukcapil Kemendagri yang terdiri dari 337 juta data tersebar di forum darkweb dan dilakukan oleh seseorang yang menamakan dirinya RRR.

Mengenai kasus tersebut, sampai berita ini di posting masih belum ada konfirmasi mengenai masalah bocornya data tersebut dari pihak BSSN ataupun Kominfo.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *