Friday , October 23 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Dark Mode Google Maps Android Mulai Dirilis

Dark Mode Google Maps Android Mulai Dirilis

foto : 9to5Google

Dark Mode Google Maps Android Mulai Dirilis

lebakcyber.net – Dark Mode Google Maps Android mulai dirilis. Pihak Google mulai merilis fitur dark mode atau mode gelap pada aplikasi Google Maps. Beberapa pengguna sistem operasi Android yang menggunakan Google Maps melaporkan kalau menu dark mode sudah tersedia.

Kebanyakan mereka yang mendapatkan update fitur dark mode pada aplikasi Google Maps adalah pengguna yang sudah menggunakan sistem operasi Android 10 dan 11, dimana para pengguna tersebut menggunakan aplikasi Google Maps versi 10.51.1.

Setelah tersedia, fitur dark mode dapat dipilih melalui menu bar “Appearance” yang terdapat pada menu settings. Ada tiga pilihan tampilan yang ditawarkan, yaitu Dark Theme, Light Theme dan Default.

Advertisements

Versi dark theme tersebut bisa menampilkan latar belakang pada peta dengan warna paling gelap, sedangkan untuk jalan akan ditampilkan dengan warna abu-abu yang terang.

Sementara untuk pin, ikon dan juga teks dapat terlihat dengan jelas. Walaupun dengan menggunakan versi gelap, pin, teks dan juga ikon masih tetap memiliki warna yang lebih cerah.

Advertisements

Salah satu dari pengguna aplikasi Google Maps membagikan pengalamannya pada saat mengubah menu dan settings pada Google Maps menjadi mode gelap.

Akun dengan nama Alessandro Paluzzi tersebut juga melampirkan beberapa screenshot dari layar serta tahapan langkah untuk merubah Google Maps menjadi versi dark mode.

Bagi kalian yang menggunakan sistem opeasi Android 10 atau 11 serta sudah mengupdate Google Maps ke versi 10.51.1 dapat mengecek apakah menu “Appearance” telah tersedia pada kolom Setting atau belum.

Menu Settings dapat diakses dengan cara membuka profil pada foto akun Google pengguna yang berada di aplikasi Google Maps yang posisinya berada di pojok kanan atas yang berdekatan dengan menu pencarian serta mikrofon yang berwarna hitam pada sisi atas aplikasi.

Dikutip dari halaman 9to5Google, Kamis (01/10/2020) kalau menu Appearance pada menu Settings sudah tersedia, di bawah pilihan tersebut terdapat keterangan “Default to devices theme”. Silahkan pilih opsi tersebut.

Nanti setelah itu Google Maps akan menampilkan sebuah pop up Appearance yang terdiri dari tiga pilihan tema, yaitu Dark Theme, Light Theme serta Default to device theme. Silahkan pilih salah satu diantara tiga opsi tersebut.

Setelah dipilih, kalian bisa langsung menyimpan perubahan tersebut dan selanjutnya Google Maps akan langsung mengubah warnanya pada aplikasi ke versi yang kalian pilih.

Update untuk dark mode pada Google Maps ini hanya baru dirilis kepada sejumlah pengguna saja serta belum diketahui kapan Google akan merilis fitur tersebut secara luas.

Setelah disebar luas pada sistem operasi Android, tidak menutup kemungkinan kalau Google Maps untuk sistem operasi iOS juga akan mendapatkan update yang sama.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Cara Google Tangani Corona

Cara Google Tangani Corona

Cara Google Tangani Corona lebakcyber.net – Cara Google tangani Corona. Para peneliti yang ada diseluruh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *