Sunday , December 16 2018
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Dana Yang Dikeluarkan SpaceX Untuk Roket Terkuat Sejagat

Dana Yang Dikeluarkan SpaceX Untuk Roket Terkuat Sejagat

foto : SpaceX

Dana Yang Dikeluarkan SpaceX Untuk Roket Terkuat Sejagat

lebakcyber.net – SpaceX dikabarkan berniat untuk membangun sebuah roket yang memiliki label terkuat sejagat, lalu berapa dana yang dikeluarkan SpaceX untuk roket terkuat sejagat tersebut?

Pada bulan Februari lalu SpaceX sudah sukses meluncurkan Falcon Heavy, roket terkuat yang ada saat ini. Dan sekarang perusahaan tersebut sedang menatap untuk mengorbitkan lagi roket dengan titel terkuat sejagat.

BFR (Big Falcon Rocket) adalah kendaraan antariksa yang dimaksud. Tidak tanggung-tanggung roket tersebut bahkan diproyeksikan untuk bisa mengalahkan Saturn V milik NASA yang memiliki titel roket terkuat sejagat sekarang ini.

Untuk bisa mewujudkan hal tersebut tentu bukan menjadi masalah yang mudah. Apalagi ada biaya besar yang harus dikeluarkan oleh SpaceX untuk merealisasikan hal tersebut.

Elon Musk selaku CEO dari SpaceX mengatakan bahwa jika harus menerka, angka pembuatannya akan berada di kisaran USD 5 miliar, namun itu merupakan harga yang relatif murah untuk proyek pembuatan roket terkuat sejagat tersebut.

Itu berarti dibutuhkan dana sekitar Rp. 74 triliun untuk bisa membuat BFR. Walaupun dengan angka tersebut seperti yang dikatakan oleh Elon memang terbilang kecil untuk hal seperti itu.

Sekedar informasi, Program Space Shuttle dari NASA kalau biayanya sudah dihitung ulang berdasarkan inflasi, maka nilainya bisa menyentuh angka USD 200 miliar. Sedangkan untuk proyek F-35 besutan Lockheed Martin bisa memakan biaya sekitar USD 400 miliar.

Angka tersebut memang tidak bisa dilihat sebagai pembanding. Walaupun begitu, nominal tersebut bisa memberikan gambaran kalau sektor tersebut memang memakan biaya yang tidak sedikit untuk setiap proyeknya.

Sampai saat ini Elon belum membuka suara mengenai sumber dana untuk merealisasikan BFR. Walaupun demikian dirinya mengatakan bahwa SpaceX sedang menjalankan bisnis yang menjanjikan dengan International Space Station (ISS) mengenai pengiriman kargo dan tidak ketinggalan peluncuran komersial.

Nantinya BFR diprediksi akan memakan biaya sekitar USD 5 juta sampai USD 6 juta untuk setiap kali peluncurannya. Angka tersebut tentu saja lebih kecil kalau dibandingkan dengan biaya sewa roket-roket sebelumnya, yaitu Falcon 9 yang memakan biaya USD 62 juta dan Falcon Heavy (USD 90 juta).

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *