Tuesday , October 15 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Dampak Buruk Kalau Anak Sering Bermain Gadget

Dampak Buruk Kalau Anak Sering Bermain Gadget

foto : internet

Dampak Buruk Kalau Anak Sering Bermain Gadget

lebakcyber.net – Gadget merupakan salah satu perangkat yang membuktikan semakin majunya perkembangan teknologi dunia yang semakin pesat. Pengguna gadget ini bisa datang dari segala umur dan usia, dari orang tua sampai anak kecil pasti sudah mahir menggunakan gadget. Tapi tahukah kamu dampak buruk kalau anak sering bermain gadget tanpa ada batasan penggunaannya dari para orang tua?

Penggunaan gadget yang terlalu aktif ternyata bisa membawa dampak buruk bagi anak-anak. Dan pada kesempatan kali ini lebakcyber akan sharing dampak buruk kalau anak sering bermain gadget tanpa ada pantauan dari para orang tuanya.

Obesitas

Penggunaan gadget yang terlalu sering oleh anak-anak bisa menyebabkan anak menjadi malas untuk bergerak. Waktu makan yang tidak teratur bisa dan terlalu banyak memakan cemilan bisa menambah hal ini. Anak-anak yang terlalu sering menggunakan gadget secara berlebihan bisa meningkatkan terkena resiko obesitas sampai 30%.

Advertisements

Gangguan Mata

Penggunaan gadget secara berlebihan bisa membuat dampak terhadap kerusakan mata. Hal tersebut karena saat menggunakan gadget jumlah kedipan pada mata menjadi lebih berkurang. Hal tersebut bisa menyebabkan lapisan air mata menjadi lebih mudah menguap dan membuat mata menjadi lebih mudah kering.

Susah Tidur

Hal ini bisa terjadi karena hampir semua perangkat gadget mengeluarkan Blue Light yang menyerupai sinar cahaya pada siang hari. Namun parahnya cahaya tersebut bisa mengirimkan sinyal kepada salah satu otak anak dan respon dari otak juga akan membingungkan manusia karena sulit membedakan apakah ini cahaya siang hari dan membuat otak menjadi sulit untuk membedakan siang atau malam hari yang bisa digunakan untuk istirahat.

Terhambatnya Perkembangan

Saat anak bermain gadget hal tersebut bisa membuat anak menjadi kurang bergerak dan hal tersebut bisa membuat perkembangan anak menjadi terhambat. Satu dari tiga anak yang terlalu sering menggunakan gadget menadi terhambat perkembangannya dan hal itu bisa berdampak buruk bagi kemampuan berbahasa dan prestasinya di sekolah.

Advertisements

Agresif

Psikologi dari apa yang dilakukan oleh anak setiap hari sangat ditentukan oleh apa yang dia konsumsi. Dengan semakin mudahnya game yang bisa dimainkan dengan menggunakan gadget, ada beberapa game yang berisi tentang kekerasan, pembunuhan, perkelahian. Hal tersebut tentu saja bisa membuat anak memiliki sifat yang agresif dan mudah marah.

Jadi itulah beberapa dampak buruk kalau anak sering bermain gadget secara berlebihan, jadi kalau kalian sudah memiliki anak sebaiknya dibatasi penggunaanya ya agar anak tidak kecanduan dalam menggunakan gadget untuk mengisi waktu luangnya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *