Sunday , November 17 2019
Home / Android / Daftar Aplikasi Yang Dihapus dari Play Store

Daftar Aplikasi Yang Dihapus dari Play Store

foto : Make Tech Easier

Daftar Aplikasi Yang Dihapus dari Play Store

lebakcyber.net – Daftar aplikasi yang dihapus dari Play Store. Google memang memiliki fitur Google Play Protect yang bertujuan untuk melindungi para pengguna Android dari aplikasi yang bermasalah, namun sepertinya fitur tersebut masih jauh dari sempurna karena masih banyak aplikasi jahat yang lolos dari Google dan akhirnya sampai ke smartphone pengguna.

Jadi tidak jarang kalau aplikasi jahat tersebut akhirnya harus dihapus secara paksa oleh pihak Google dari Play Store setelah adanya laporan dari pihak ketiga.

Dan pada kesempatan ini, lebak cyber akan sharing daftar aplikasi apa saja yang dihapus dari Play Store karena mengandung elemen-elemen yang mengganggu keselamatan dan juga kenyamanan pengguna.

Advertisements

Aplikasi Buatan Cheetah Mobile

Buat kalian yang sudah lama menggunakan smartphone Android, mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Cheetah Mobile, karena Cheetah Mobile memiliki beberapa aplikasi yang sangat populer.

Misalnya saja aplikasi pembersih RAM Clean Master dan juga aplikasi VPN Security Master yang memiliki jumlah download gabungan mencapai angka sekitar 1,5 milyar. Dikutip dari halaman Android Police, Cheetah Mobile pernah tertangkap basah karena sudah memodifikasi aplikasi mereka agar dapat mengambil komisi iklan.

Mereka menggunakan permission dari pengguna untuk dapat mengambil komisi dari iklan yang tidak pernah mereka tunjukan. Hanya dua saja aplikasi yang dihilangkan dari Play Store, yaitu CM File Manager dan Kika Keyboard.

Aplikasi Buatan DO Global

Popularitas tidak dapat dipakai sebagai tanda dari suatu kualitas, yang menyebabkan aplikasi buatan DO Global seperti misalnya ES File Explorer dihapus dari Play Store.

Dikutip dari halaman Buzzfeed News, Do Global tertangkap basah telah menggunakan nama perusahaan lain pada aplikasi mereka yang hal tersebut bertentangan dengan kebijakan yang diberikan oleh pihak Google.

Advertisements

Selain itu, aplikasi tersebut juga ditemukan memiliki sistem yang dapat membuka iklan secara otomatis walaupun aplikasi sedang dalam keadaan tidak terbuka. Do Global sendiri sebenarnya memiliki latar belakang yang bagus, dan dulunya merupakan anak dari perusahaan Baidu, dimana Baidu dianggap sebagai Googlenya China.

Aplikasi Buatan Luiz Pinto

Di Play Store memang ada begitu banyak game yang dapat didownload secara gratis, namun ada beberapa yang terlihat seperti game namun sebenarnya adalah sebuah malware, seperti game dari developer bernama Luiz Pinto.

Berdasarkan informasi yang didapat dari Lukas Stefanko, aplikasi buatan Luiz Pinto tersebut merupakan sebuah malware yang didaftarkan sebagai sebuah game.

Setelah di install, aplikasi tersebut akan langsung tertutup dan secara sendirinya menghilang dari home screen yang membuat aplikasi tersebut sulit untuk dihapus dari smartphone.

Aplikasi dari iHandy

Seperti Cheetah Mobile dan juga DO Global, iHandy adalah developer dari China yang aplikasinya pernah dihapus dari Play Store oleh Google. Dikutip dari halaman CNET, setidaknya ada 46 aplikasi dari iHandy yang dihapus oleh Google karena bertentangan dengan kebijakan Google.

Kalau penghapusan aplikasi dari iHandy ini sebenarnya masih belum jelas alasannya dan Google hanya memberikan pernyataan bahwa iHandy sudah melanggar kebijakan ads yang ada di Play Store.

Pihak iHandy sendiri merasa terkejut atas keputusan yang diambil oleh Google tersebut dan berhubung penghapusan ini baru terjadi pada bulan September lalu, mungkin saja masih akan ada lanjutannya nanti.

Aplikasi Stalkerware

Aplikasi Stalkerware merupakan sebuah aplikasi yang mengizinkan pengguna untuk melacak dan juga memata-matai isi smartphone yang sudah diinstall aplikasi Stalkerware ini.

Dikutip dari halaman 9 to 5 Google, sesudah di install, data yang ada didalam smartphone dapat langsung dikirim ke alamat e-mail yang diinginkan. Dan aplikasi ini tidak akan dapat terdeteksi setelah proses instalasi selesai.

Aplikasi Adware

Di dunia Android, iklan memang sudah dijadikan salah satu sumber penghasilan utama dan banyak developer yang memanfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan penghasilan.

Dikutip dari halaman Android Central, Google menghapus 85 aplikasi dan juga game dari Play Store karena banyak mengandung adware.

Dimana setelah aplikasi tersebut diinstall, aplikasi tersebut akan memperlihatkan ads saat smartphone tidak terkunci yang pastinya hal tersebut akan sangat mengganggu para pengguna.

Penutup

Itulah daftar aplikasi yang dihapus dari Play Store, jumlah aplikasi yang ada di Play Store yang sudah sangat banyak membuat kalian sebagai pengguna harus berhati-hati.

Pastikan kalian hanya mendownload aplikasi aplikasi yang sudah mendapatkan review yang baik demi menjaga keamanan.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *