Tuesday , May 17 2022
Daftar Aplikasi Azan Yang Mencuri Data Pribadi
Daftar Aplikasi Azan Yang Mencuri Data Pribadi

Daftar Aplikasi Azan Yang Mencuri Data Pribadi

Daftar Aplikasi Azan Yang Mencuri Data Pribadi

lebakcyber.net – Daftar Aplikasi Azan Yang Mencuri Data Pribadi. Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri telah memberi peringatan kepada masyarakat agar berhati-hati pada beberapa aplikasi. Hal tersebut dikarenakan banyak aplikasi-aplikasi berbahaya yang bisa mencuri data dari para pengguna aplikasi tersebut.

Bahkan beberapa diantara aplikasi tersebut adalah aplikasi untuk jadwal sholat dan azan. Dan semua aplikasi tersebut bisa didownload secara gratis melalui Play Store.

Dikutip dari cuitannya di Twitter pada hari Kamis (14/04/2022), menurut pihak Siber Polri, ada beberapa aplikasi yang sudah di download sebanyak 10 juta kali oleh para pengguna. Dalam cuitannya, pihak Siber Polri juga mengatakan agar waspada kepada modus pencurian data pribadi dengan kedok aplikasi sholat dan azan.

Advertisements

Siber Polri juga mengatakan kalau berdasarkan hasil analisis melaporkan mengenai beberapa aplikasi yang ada di Play Store yang ternyata mengumpulkan data yang sensitif yang dimiliki pengguna dan juga telah di download lebih dari 45 juta kali.

Data dari para pengguna tersebut memiliki potensi untuk disalahgunakan yang signifikan yang diakibatkan oleh keamanan dari sisi server database yang buruk.

Aplikasi-aplikasi tersebut dikabarkan melakukan pencurian data melalui pengembangan SDK (Software Development Kit) dari pihak ketiga. Hal tersebut mencakup kemampuannya untuk bisa menangkap konten clipboard, alamat email, data GPS bahkan alamat dari MAC modem router pengguna dan juga SSID yang ada pada jaringan.

Isi dari Clipboard yang dicuri juga memiliki potensi yang mencakup informasi yang sangat sensitif yang bahkan termasuk dari dompet kripto, nomor kartu kredit dan juga password.

Advertisements

Dan berikut ini adalah daftar dari aplikasi yang berada di Play Store dan juga melakukan pencurian data pribadi milik pengguna yang telah menginstall aplikasi tersebut di smartphonenya.

  • Al-Moazin Lite (Prayer Times)
  • Full Quran MP3 – 50+ Languages & Translation Audio
  • Al Quran Mp3 – 50 Reciters & Translation Audio
  • Speed Camera Radar
  • WiFi Mouse (remote control PC)
  • Qibla Compass – Ramadan 2022
  • QR & Barcode Scanner
  • Simple weather & clock widget
  • Handcent Next SMS-Text w/MMS
  • Smart Kit 360
  • Audiosdroid Audio Studio DAW

Jadi ada baiknya kita berhati-hati saat menginstall sebuah aplikasi, walaupun aplikasi tersebut berada di Play Store. Dan jangan lupa untuk selalu memperhatikan akses yang diminta saat kita akan menginstall sebuah aplikasi.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: