Tuesday , June 2 2020
Home » The Lounge » Tips dan Trik » Ciri-Ciri Kalau WhatsApp Kamu Disadap

Ciri-Ciri Kalau WhatsApp Kamu Disadap

foto : Slash Gear

Ciri-Ciri Kalau WhatsApp Kamu Disadap

lebakcyber.net – Ciri-ciri kalau WhatsApp kamu disadap. WhatsApp merupakan aplikasi berbagi pesan yang sangat populer, dan kami yakin kalau kalian banyak menyimpan hal yang berbau pribadi dan juga dokumen rahasia didalam aplikasi berbagi pesan tersebut.

Dan ditengah semakin ramainya kejahatan di dunia siber atau yang dikenal juga dengan istilah cyber crime, sekarang ini semakin banyak kasus WhatsApp yang dibajak atau disadap yang bisa mengincar siapa saja, tidak kemungkinan kalau kalian menjadi salah satu korbannya.

Pernah tidak kalian merasa tiba-tiba saja tidak ada notif pada chat WhatsApp yang masuk di smartphone kalian atau kalian penasaran mengapa kalian tidak bisa menggunakan WhatsApp di laptop atau PC?

Advertisements

Kalau kalian mengalami masalah diatas, tidak menutup kemungkinan kalau WhatsApp kalian sudah disadap, dan untuk memastikannya kalina bisa cek ciri-ciri WhatsApp kalian sedang disadap atau tidak yang akan kita bahas dibawah ini.

Ciri-ciri WhatsApp Kalian Disadap

Hacker memiliki banyak cara untuk melakukan penyadapan pada akun WhatsApp kalian. Misalnya dengan menggunakan WhatsApp Web atau memanfaatkan jaringan WiFi, atau dengan memasukan malware pada aplikasi tertentu.

Advertisements

Pastinya kalian tidak mau kalau pesan WhatsApp kalian yang bersifat pribadi dikonsumsi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab bukan. Bisa-bisa akun WhatsApp kalian nantinya digunakan untuk melakukan tindakan kriminal.

Jadi langsung saja kita bahas ciri-ciri kalau WhatsApp kalian sudah disadap oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

1. Chat WhatsApp Terbaca Otomatis

Yang pertama adalah chat WhatsApp yang terbaca secara otomatis padahal kamu merasa belum membuka atau membaca isi dari chat yang masuk tersebut.

Kalau hal tersebut terjadi, kemungkinan WhatsApp kalian sudah disadap. Atau dengan kata lain ada orang lain yang sudah membuka dan membaca chat yang masuk tersebut sebelum kalian membukanya.

2. WhatsApp Web Aktif Pada Perangkat Lain

Ciri yang kedua adalah WhatsApp Web aktif pada perangkat lain yang tidak biasanya kalian gunakan untuk mengakses WhatsApp Web.

Atau mungkin juga kamu sedang tidak menggunakan fitur WhatsApp Web pada laptop atau PC, namun kalian melihat ada notifikasi bahwa akun kalian sedang aktif pada perangkat lain. Kalau mengalami masalah diatas segera lakukan proses logout atau keluar pada perangkat yang mencurigakan tersebut.

3. Akun WhatsApp Keluar Sendiri

Kadang aplikasi WhatsApp keluar atau Logout sendiri tanpa kalian sadari, kalau tersebut terjadi, jangan sepelekan hal tersebut dan menganggapnya sebagai angin lalu saja.

Karena WhatsApp yang secara tiba-tiba sering keluar atau logout sendiri bisa saja ternyata akun WhatsApp kalian sudah diaktifkan pada perangkat smartphone lain.

Karena sampai sekarang ini memang pihak WhatsApp belum memberikan dukungan atau fitur agar bisa mengaktifkan satu nomor pada dua perangkat smartphone yang berbeda. Jadi kalau nomor kalian aktif pada perangkat yang kalian gunakan, dan ada perangkat smartphone lain yang login menggunakan akun WhatsApp kalian, maka secara otomatis akun WhatsApp pada smartphone kalian akan logout sendiri.

4. Smartphone Menjadi Panas

Kalau smartphone kalian memiliki suhu panas yang tidak wajar atau overheat, ada kemungkinan kalau WhatsApp kalian sedang dibajak. Hal tersebut karena beberapa hacker mungkin saja menggunakan cara untuk memasukan aplikasi, malware atau virus pada smartphone kalian untuk dapat mengintai aktivitas yang kalian lakukan.

Hal tersebut bisa saja terjadi pada saat kalian mendownload file, gambar atau mengklik link yang berasal dari sumber yang tidak jelas. Aplikasi, malware atau virus memang bisa berjalan di belakang layar dan membuat kinerja smartphone meningkat dan membuat smartphone tersebut menjadi panas.

5. Baterai Menjadi Boros

Sama seperti masalah smartphone mengalami panas yang berlebih, penggunaan baterai yang boros juga dapat disebabkan oleh adanya aplikasi, malware atau virus yang berjalan di belakang layar yang tidak kalian ketahui.

Kalau kalian mengalami masalah baterai smartphone yang sering drop secara tiba-tiba, coba matikan dulu koneksi internet dan lakukan restart pada perangkat smartphone kalian agar mengatasi masalah tersebut.

Jadi itulah beberapa ciri-ciri kalau WhatsApp kalian sedang dibajak atau ada orang lain yang memanfaatkan atau menggunakan akun WhatsApp kalian.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Tips Agar Akun WhatsApp Tidak Mudah Disadap

Tips Agar Akun WhatsApp Tidak Mudah Disadap

Tips Agar Akun WhatsApp Tidak Mudah Disadap lebakcyber.net – Tips agar akun WhatsApp tidak mudah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *