Thursday , August 22 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / China Pamerkan Penyiar Berita Virtual

China Pamerkan Penyiar Berita Virtual

foto : Twitter

China Pamerkan Penyiar Berita Virtual

lebakcyber.net – kantor berita China, Xinhua membuat sebuah kejutan dengan memamerkan penyiar berita yang sepenuhnya merupakan sosok virtual. China pamerkan penyiar berita virtual yanag dapat melakukan tugasnya seperti seorang penyiar di televisi, apalagi kalau bukan membacakan sebuah berita.

“Halo, Anda melihat program berita bahasa Inggris. Saya akan bekerja tanpa lelah untuk membuat Anda tetap mendapat informasi karena teks akan diketik di sistem saya tanpa gangguan,” kata penyiar itu.

Selain itu, ada juga versi penyiar virtual yang bisa menggunakan bahasa China, dengan wajah yang berbeda. Xinhua menyatakan penyiar dengan kecerdasan buatan tersebut bisa bekerja selama 24 jam dan dapat menghemat biaya di masa depan.

Sistem kecerdasan buatan yang digunakan dalam suara sang penyiar, gerakan bibir dan juga ekspresi wajah yang didasarkan pada penampilan presenter manusia sungguhan. Walau demikian untuk saat ini sang presenter masih belum bisa terlihat sangat natural.

Michael Wooldrbridge selaku akademisi di Oxford University mengatakan bahwa masih sulit untuk melihatnya lebih dari beberapa menit, karena ekspresinya masih sangat datar.

Terlebih lagi, presenter manusia lebih dapat dipercaya. Michael juga menambahkan bahwa menurutnya jika kita hanya melihat animasi, kita akan benar-benar kehilangan koneksi pada penyiar. Seperti yang lebakcyber rangkum dari halaman BBC.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *