Monday , July 13 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » China Buat Aplikasi Untuk Saingi Zoom

China Buat Aplikasi Untuk Saingi Zoom

foto : Time Magazine

China Buat Aplikasi Untuk Saingi Zoom

lebakcyber.net – China buat aplikasi untuk saingi Zoom. Selama masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, penggunaan dari aplikasi Zoom memang sangat diminati. Pesaing dari aplikasi tersebut juga sedikit demi sedikit sudah mulai bermunculan dan sekarang ada pesaing baru yang datang dari China.

Alibaba menghadirkan aplikasi dengan nama DingTalk dan juga Tencent dengan aplikasi VooV menjadi dua aplikasi layanan video conference yang sekarang ini dapat dikatakan sudah memiliki pelanggan yang sangat besar.

Dikutip dari BBC, aplikasi DingTalk sampai sekarang ini sudah digunakan oleh lebih dari 10 juta organisasi dan juga pebisnis serta lebih dari 120 juta siswa yang berada di China.

Advertisements

Semenjak merebaknya virus corona, himbauan agar melakukan pekerjaan dari rumah dan juga belajar dari rumah ikut mempengaruhi jumlah pengguna pada aplikasi DingTalk. Di sisi lain, layanan DingTalk tersebut juga ditunjang dengan dukungan yang dapat menampung lebih dari 300 peserta pada saat yang bersamaan.

Seperti tidak ingin terlihat sebagai aplikasi yang jago kandang, perusahaan Alibaba yang didirikan oleh Jack Ma tersebut juga meluncurkan aplikasi DingTalk tersebut secara global, yaitu aplikasi DingTalk Lite untuk kawasan Asia, Singapura, Hong Kong dan Jepang. Dan sekarang aplikasi DingTalk tersebut sudah tersedia dalam bahasa Inggris, Jepang dan juga China tradisional.

Advertisements

China seperti tidak ingin menghentikan gempurannya untuk bisa menyaingi Zoom, VooV yang juga merupakan aplikasi video conference yang merupakan aplikasi versi internasional dari Tencent Meeting yang dirilis pada bulan Desember 2019 lalu juga sudah dapat digunakan pada beberapa negara seperti Jepang, Singapura dan juga India.

Seperti halnya aplikasi DingTalk, VooV juga menawarkan fitur yang bisa menyelenggarakan konferensi yang dapat dihadiri sampai 300 orang peserta secara bersamaan.

Aplikasi Zoom sendiri sepertinya sangat kewalahan untuk bisa masuk ke pasar China, karena aplikasi Zoom sampai sekarang masih diblokir oleh pemerintah China sejak bulan September tahun lalu. Hal tersebut tentu saja membuat aplikasi lokal seperti VooV dan juga DingTalk menjadi semakin kuat.

Walaupun begitu sepertinya aplikasi Zoom masih kuat pada layanan video conference dan belum lama ini perusahaan yang mengatakan bahwa ada 300 juta peserta yang menggunakan layanannya setiap harinya. Angka tersebut meningkat semenjak adanya pandemi Covid-19.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Kenapa Zoom Lebih Baik Dibandingkan Google Meet

Kenapa Zoom Lebih Baik Dibandingkan Google Meet

Kenapa Zoom Lebih Baik Dibandingkan Google Meet lebakcyber.net – Kenapa Zoom lebih baik dibandingkan Google …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *