Sunday , June 16 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / China Akhirnya Memblokir WhatsApp

China Akhirnya Memblokir WhatsApp

foto : Getty Image

China Akhirnya Memblokir WhatsApp

lebakcyber.net -Beberapa pengguna WhatsApp di China akhir akhir ini mengeluhkan karena mereka tidak bisa lagi menggunakan aplikasi berbagi pesan tersebut, karena beberapa hari ini mereka tidak bisa mengirim pesan, foto dan juga video melalui aplikasi berbagi pesan milik perusahaan teknologi raksasa Facebook tersebut. Apakah China akhirnya memblokir WhatsApp agar aplikasi lokal yang dimiliki China dapat lebih memiliki banyak pengguna?

Beberapa analis keamanan cyber mengatakan bahwa hal tersebut karena pemerinrah China telah melakukan proses pemblokiran terhadap aplikasi WhatsApp. Dan bukan tidak mungkin proses pemblokiran sementara ini bisa menjadi proses pemblokiran penuh seperti yang sudah terjadi pada Facebook dan juga Instagram.

Jika nanti WhatsApp memang benar benar diblokir secara penuh oleh pemerintah China, maka WhatsApp akan bergabung dengan beberapa aplikasi yang sudah menjadi daftar pemblokiran aplikasi yang di blokir oleh pemerintah China, dan jumlah aplikasi yang diblokir oleh pemerintah China terus bertambah setiap harinya.

Sebelumnya WhatsApp masih bisa diakses di China, namun berbeda dengan Facebook dan juga Instagram yang sudah diblokir secara penuh oleh pemerintah China sehingga tidak dapat digunakan oleh para penduduk China. Sebenarnya mereka masih bisa membuka dan menggunakan layanan Facebook dan Instagram, namun harus menggunakan jaringan Virtual Private Network (VPN) agar bisa mendapatkan IP dari negara lain untuk dapat membuka Facebook dan Instagram.

Pemblokiran aplikasi berbagi pesan WhatsApp ini dan aplikasi aplikasi lainnya tentu menguntungkan aplikasi berbagi pesan sejenis seperti aplikasi WeChat yang merupakan aplikasi berbagi pesan buatan China yang walaupun tanpa pemblokiran WhatsApp pun sebenarnya WeChat sudah memiliki banyak pengguna dan menjadi salah satu aplikasi berbagi pesan favorit di China.

Google juga merupakan salah satu layanan yang diblokir oleh pemerintah China, hal tersebut tentu saja menguntungkan pesaing lokalnya yang juga sama sama dapat digunakan sebagai situs pencari di internet yaitu Baidu, dan Twitter juga merupakan salah satu aplikasi yang diblokir dan membuat aplikasi Weibo yang merupakan Twitter versi China menjadi banyak penggunanya di negar tirai bambu tersebut.

Apakah hal ini merupakan strategi China agar developer dan aplikasi lokal yang mereka miliki dapat lebih berkembang lagi atau memang ada beberapa regulasi yang tidak dapat dipenuhi oleh aplikasi seperti WhatsApp, Facebook, Google dan Instagram tersebut yang akhirnya harus diblokir oleh pemerintah China tersebut.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *