Monday , September 28 2020
Home » The Lounge » News » China Akan Melarang App Store

China Akan Melarang App Store

foto : 9to5Mac

China Akan Melarang App Store

lebakcyber.net – China akan melarang App Store. Tidak seperti Google, perusahaan Apple memiliki sebuah hubungan yang cukup baik dengan pemerintah China, jadi tidak heran kalau Apple menganggap China menjadi salah satu pasar terbesar yang mereka miliki.

Namun akibat dari perang dagang yang terjadi antara pemerintah Amerika Serikat dengan China memiliki imbas kepada hubungan antara perusahaan Apple dengan China, hal tersebut dikarenakan adanya laporan mengenai kemungkinan App Store akan dilarang pengoperasiannya di China.

Dikutip dari halaman Ubergizmo, berdasarkan laporan yang didapat dari The Information (paywall), pemerintah China memiliki aturan kalau persyaratan sebuah toko aplikasi harus dimiliki secara mayoritas oleh perusahaan China, tapi pihak Apple sudah berhasil untuk mengatasi aturan tersebut selama ini sebelum terjadinya perang dagang antara Amerika Serikat dengan China.

Advertisements

Namun dengan adanya laporan kalau aplikasi yang dimiliki oleh China seperti aplikasi WeChat dan juga TikTok sudah diblokir di Amerika Serikat dan rencananya akan dihapus dari App Store, sepertinya akan membuat pemerintah China untuk menegakkan aturan tersebut.

Berdasarkan informasi dari sumber tersebut juga mengklaim kalau Apple pada masa lalu sudah mempertimbangkan untuk menyiapkan sebuah bantuan ke China untuk mengatas masalah tersebut. Dan sekarang ini pihak Apple harus mulai melakukannya secara serius.

Advertisements

Sekarang ini pihak Apple harus memutuskan apakah mereka ingin memberikan regulator China kontrol yang lebih besar atau jenis aplikasi apa saja yang dapat dipublikasikan di toko aplikasi Apple yang beroperasi di China. Kalau tidak, pihak Apple akan memiliki resiko kehilangan pasarnya di China secara penuh.

Sebagai informasi tambahan bahwa laporan baru-baru ini juga memperkirakan kalau larangan aplikasi WeChat diberlakukan, pihak Apple bisa kehilangan miliaran pengguna yang berada di China karena mereka akan memilih untuk membeli perangkat non iPhone akibat membatalkan langganan apapun yang mereka miliki kepada layanan Apple.

Kalau sampai kabar tersebut benar-benar terjadi, sepertinya pihak Apple harus mulai mengambil langkah serius untuk mengatasi masalah tersebut agar mereka tidak kehilangan pasar yang mereka miliki di China.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

iPhone SE 2020 Mendarat di Indonesia Awal Oktober

iPhone SE 2020 Mendarat di Indonesia Awal Oktober

iPhone SE 2020 Mendarat di Indonesia Awal Oktober lebakcyber.net – iPhone SE 2020 mendarat di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *