Monday , August 26 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Celah Keamanan Berbahaya Pada Aplikasi Skype

Celah Keamanan Berbahaya Pada Aplikasi Skype

foto : neowin

Celah Keamanan Berbahaya Pada Aplikasi Skype

lebakcyber.net – Buat kamu yang menggunakan aplikasi Skype khususnya Skype untuk Desktop sebaiknya lebih berhati-hati lagi. Hal tersebut dikarenakan ada celah serius di Skype untuk desktop yang memungkinkan attacker mendapatkan akses sampai ke level sistem. Celah keamanan berbahaya pada aplikasi Skype desktop tersebut dilaporkan oleh peneliti keamanan, Stefan Kanthak sejak September tahun 2017 lalu, namun sayangnya pihak Microsoft sepertinya enggan untuk memperbaikinya karena ada banyak hal yang harus diubah untuk menutup celah keamanan tersebut.

Celah keamanan yang ada pada Skype untuk desktop tersebut memungkinkan para hacker untuk melakukan penyerangan dengan menggunakan DLL Hijacking untuk mengakali Skype agar menulis library yang berisi kode malware berbahaya. Hal tersebut bisa terjadi karena Skype Updater menjalankan file Executable lain yang memiliki vulnerability untuk bisa di hi-jack oleh hacker.

Kalau hacker tersebut melakukan serangan tersebut ke Skype di pc kamu, maka secara otomatis mereka bisa memiliki akses sistem secara langsung, dan mereka juga bisa mencuri data, menjalankan ransomware untuk meminta uang tebusan atau bahkan menghapus semua data yang ada di PC kamu.

Microsoft sendiri sepertinya tidak memiliki rencana untuk menutup celah kemanan tersebut dan lebih memilih untuk membiarkan hal tersebut begitu saja sampai edisi perombakan pada Skype terbaru nanti dirilis. Jadi dapat dipastikan kalau Skype yang kamu gunakan di PC saat ini masih memiliki celah keamanan yang bisa diserang oleh hacker.

Perlu diingat kembali bahwa Skype yang memiliki vulnerability tersebut hanya tersedia untuk Skype versi desktop ya, untuk Skype versi UWP dari Store tidak memiliki celah keamanan seperti pada Skype versi desktop. Kalau kamu masih menggunakan Skupe yang berasal dari aplikasi bawaan Windows 10, sebaiknya langsung di uninstall saja versi desktopnya dan install Skype versi UWP yang bisa kamu download melalui Microsoft Store.

Jadi sekarang sebaiknya cepat kamu uninsatall aplikasi Skype yang berasal dari bawaan Windows 10 dan menggantinya dengan Skype versi UWP yang bisa kamu download melalui link berikut : Download Skype UWP.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *